hit counter code


RS. Rumah Sehat Terpadu, Menumbuhkan Kemauan Berbagi

Kesehatan, | Fri 04/2015 16:16:01
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BOGOR -- Hari ini perbandingan populasi penduduk di Indonesia dengan jumlah kamar rumah sakit dan tenaga medis yang tersedia tidak sebanding. Situasidi Indonesia saat ini, perbandingan tempat tidur rumah sakit yang tersedia per penduduk adalah 0,9 : 1000. Artinya, setiap 1000 penduduk, rumah sakit hanya dapat menampung tidak sampai 0.1%. Angka ini lebih buruk daripada di negara berkembang lain seperti Brasil dan Vietnam.

Sementara itu, angka tenaga medis per penduduk di Indonesia juga sangat rendah, 0.2% tenaga medis untuk setiap 1000 penduduk. Kendala ini membuat makin buruk dengan terbatasnya teknologi rumah sakit yang tersedia untuk merawat pasien. Ditambah lagi masih banyak masyarakat yang kesulitan mendapatkan akses layanan kesehatan tersebut, kebanyakan dari mereka biasanya masyarakat dhuafa. Tak heran mereka akhirnya memilih untuk berdiam diri di rumah saja ketika sedang sakit, bahkan ada yang sampai tak tertolong hidupnya.

Dompet Dhuafa sebagai lembaga kemanusiaan sosial yang konsen terhadap kesehatan menjawab permsalahan ini dengan menghadirkan Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu yang berdiri melalui penghimpunan ZISWAF dari masyarakat. RS. Rumah Sehat Terpadu (RST) adalah model rumah penyembuhan yang memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma bagi kaum dhuafa (tidak mampu) dengan pendekatan kehangatan keluarga, ketepatan waktu, profesional dan sentuhan hati.

Berdiri di atas lahan seluas 7.803 m2, di desa Jampang Kec. Kemang, Bogor, Jawa Barat, RS Rumah Sehat Terpadu siap melayani kaum dhuafa yang selama ini sulit mendapatkan akses kesehatan secara memadai. Di Tahun pertama pengoperasian,RST mampu melayani sekitar 54.000 pasien dhuafa.

RST menjadi model baru rumah sakit di Indonesia yang akan menjadi oase di tengah maraknya kapitalisasi rumah sakit di tanah air. Kemegahan gedung yang ditampilkan tidak sekadar untuk gagah-gagahan, namun lebih kepada ingin menghadirkan pelayanan yang lebih lengkap untuk pasien dhuafa.

RST berkeyakinan bahwa setiap orang tak terkecuali masyarakat dhuafa memiliki hak yang sama tentang kesehatannya. Melalui ZISWAF dari masyarakat yang diamanahkan ke Dompet Dhuafa, kami akan terus bergerak membantu kaum dhuafa agar terwujud masyarakat sehat. Cita-cita kami mewujudkan sehat untuk semua, yang akan terealisasi melalui partisipasi dari semua elemen. RST ini hanya menjadi model yang diharap memberikan inspirasi semua orang untuk dapat bergerak agar semua tumbuh bersama wujudkan sehat untuk semua. (Riandy)