hit counter code


Rumah Relawan Dompet Dhuafa Resmi Bergulir dan Hidupkan Layanan Pos Sehat Gratis

Kesehatan, | Thu 02/2019 22:31:06
Dompet Dhuafa Post Image
Share

DEPOK -- Inisiator, Pendiri, dan Pembina Dompet Dhuafa, Parni Hadi, meresmikan Rumah Relawan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan pada Selasa (19/2/2019) pagi. Bangunan rumah di dalam kawasan Bumi Pancar Harapan, Jalan Durian, Rangkapan Jaya Baru, Depok, akan digunakan untuk tiga organisasi relawan sekaligus, yaitu Ikatan Relawan Sosial Indonesia (IRSI), Pos Sehat Relawan Dompet Dhuafa, dan Gerakan Relawan Lansia Indonesia (Gerli).

”Tanah ini saya beli 1976, dari hasil uang saku ketika kerja sebagai wartawan kala itu. Ini adalah wujud rasa syukur, bahwa seluruh aset yang kita miliki, harus berguna untuk fungsi sosial,” tegas Parni Hadi.

Ia menyebutkan, Bumi Pancar Harapan sebagai banyak harapan. Akan ada layanan kesehatan gratis, aset bagus untuk pemberdayaan, maka harus diupayakan agar penerima manfaat bisa mandiri, dari mustahik menjadi muzaki.

Dari bentuk konstruksi dan fungsinya, Parni menyebut rumah tersebut sebagi Ruhat (rumah sehat). Sehat berarti sederhana, efisien, harmonis, asri, dan ekonomis. Diharapkan rumah tersebut dapat menjadi model bagi keluarga sederhana yang ingin membangun rumah.

Kedepannya, sejumlah program siap bergulir di Rumah Relawan. Pos Sehat misalnya, akan mendatangkan dokter dua kali dalam sepekan untuk melayani masyarakat sekitar yang membutuhkan layanan kesehatan secara gratis. Warga juga akan rutin mendapatkan penyuluhan gaya hidup sehat dari tim relawan Dompet Dhuafa.

Selain itu, keberadaan Rumah Relawan melengkapi aktivitas masyarakat Rangkapan Jaya Baru, Depok, yang sudah berjalan selama ini. Sebelumnya, Bumi Pancar Harapan milik Parni Hadi juga kerap dimanfaatkan warga untuk kegiatan sosial kemasyarakat, mulai dari event olahraga, hingga hari besar nasional dan keagamaan.

“Halaman rumah bisa dimanfaatkan untuk bermain, berolahraga, berkebun, dan berkesenian, mulai dari anak-anak hingga lansia,” tutur Parni.

Parni Hadi menjelaskan lebih lanjut, bahwa relawan adalah setiap orang yang suka rela dan suka cita, membantu sesama sepanjang masa atas dasar cinta. Bahkan akan dikembangkan program darlingkum (sadar lingkungan hukum).

Herdi, Direktur Utama Dompet Dhuafa Konstruksi, menambahkan, “model Rumah Relawan tersebut adalah rumah karya lanjutan dari lombok, ramah gempa. Sebagai rumah belajar, jaga kehormatan, kedamaian dan kesejukan”. (Dompet Dhuafa/Dhika Prabowo)