hit counter code


Dompet Dhuafa Jawa Barat Ajak Jaga Lingkungan Melalui Daur Ulang Sampah

Lingkungan, | Fri 02/2019 00:06:20
Dompet Dhuafa Post Image
Share

CIREBON -- Sebagai upaya mengurangi limbah sampah plastik dan wujud sayangi bumi, Dompet Dhuafa cabang Jawa Barat bekerja sama dengan Pengelola Sampah Mandiri Ramah Lingkungan (PSM-RL) binaan PT. Indocement, menggelar pelatihan membuat paper bag bertajuk Jabar Brangkas (Jawa Barat Berdaya Dengan Kantong Kertas).

Kegiatan yang diadakan di kantor Layanan Program Dompet Dhuafa Jawa Barat di Cirebon, pada Rabu (20/2/2019) lalu, bertujuan untuk mengurangi limbah sampah plastik khususnya di rumah tangga yang berdampak terhadap lingkungan sekitar. Sebagaimana diketahui, melalui Waste4Change, Indonesia masih berada di peringkat kedua dari 192 negara sebagai penyumbang sampah plastik terbesar setelah Tiongkok. Dengan Indeks Perilaku Ketidakpedulian Lingkungan Hidup (IPKLH) yang juga tinggi, yakni 72% pada 2017.

“Sebanyak sepuluh ibu dari kalangan dhuafa yang ada di Kota Cirebon, mendapatkan pelatihan dari trainer PSM-RL untuk membuat paper bag dari kertas semen. Pelatihan tersebut diharapkan dapat mengurangi penggunaan sampah plastik di lingkungan rumah tangga,” ujar Nuryana, selaku pelaksana program Dompet Dhuafa Jawa Barat di Cirebon.

Selain itu, melalui kegiatan tersebut, Dompet Dhuafa Jawa Barat mengajak sahabat-sahabat dhuafa agar menjadi insan produktif. Rencana kedepannya, para peserta pelatihan akan dibuatkan kelompok untuk memproduksi paper bag dari kertas semen. Sebanyak 1.000 paper bag diproduksi perbulan, untuk memenuhi kebutuhan di PT. Indocement, khususnya untuk bungkus obat-obatan.

“Semoga dengan adanya kegiatan tersebut, ibu-ibu dapat berdaya dan memanfaatkan waktu luang untuk memproduksi paper bag. Sehingga menambah penghasilan mereka sehari-hari,” tutup Nuryana. (Dompet Dhuafa/Fajar)