hit counter code


Direnovasi, Kini Siswa Madrasah Diniyah Mahmudiyah Tak Lagi Khawatir Atap Bocor

Pendidikan, | Mon 03/2019 16:07:03
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BOGOR -- Madrasah Diniyah (MD) Mahmudiyah Kampung Ciburayut, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaaten Bogor, Jawa Barat, sudah tidak seramai dulu. Tahun ke tahun gaungnya mulai redup, begitu pula dengan jumlah muridnya yang semakin sedikit. Padahal, MD Mahmudiyah sudah berdiri dari 1944, menjadi salah satu madrasah tertua di wilayah Cigombong, Bogor. Usut punya usut, ternyata bangunan MD Mahmudiyah sudah tidak terurus. Temboknya mulai retak, catnya mulai memudar, plafon patah, dan atapnya berlubang, membuat para murid lari terbirit-birit ketika hujan tiba-tiba datang. Beberapa pilar penyangga juga terlihat usang dan rapuh, butuh pilar tambahan berupa bambu untuk menyangga, agar bangunan bersejarah itu tidak rubuh.

“Kalau hujan, para murid langsung bubar, bukunya mereka jadi basah,” terang Ahmad Hidayatullah, salah satu guru MD Mahmudiyah.

Kegundahan hati Ahmad dan murid-muridnya sepertinya akan terobati dengan direnovasinya sekolah mereka. Melihat keadaan madrasah tersebut, Dompet Dhuafa bersama PT. TEZ Capital & Finance memutuskan untuk merenovasi MD Mahmudiyah. Gedung dengan enam kelas tersebut pun diperbaiki dengan kondisi yang lebih segar. Alhasil, kini tembok jauh lebih kokoh, cat baru juga lebih segar dipandang. Pilar pun diganti dengan beton yang lebih kokoh. Begitu pula dengan plafon dan atap gedung yang kini sudah tertutup rapat, siap menghalau air hujan yang kapan saja datang.

“Alhamdulillah, terimakasih kepada Dompet Dhuafa dan PT. TEZ Capital & Finance yang telah peduli terhadap pendidikan di desa kami, semoga dengan direnovasinya sekolah kami, manambah semangat murid-murid untuk belajar,” tambah Ahmad.

Direnovasinya MD Mahmudiyah merupakan inisiasi dari Dompet Dhuafa dan juga PT. TEZ Capital & Finance. MD Mahmudiyah dinilai perlu mendapatkan bantuan renovasi sekolah. Mengingat bangunan yang sudah tidak layak pakai. Selain itu, mendukung pendidikan merupakan salah satu pilar Dompet Dhuafa. Sudah menjadi kewajiban bagi Dompet Dhuafa untuk ikut membantu meningkatkan kualitas pendidikan dimanapun dan siapapun yang membutuhkan.

“Pendidikan adalah salah satu pilar kami, kemudian Dompet Dhuafa mengajak semua pihak, bergandengan tangan membangun pendidikan di Indonesia, baik sarana maupun prasarananya. Dalam hal ini adalah MD Mahmudiyah perlu kita intervensi, kita bantu merenovasi,” terang Syafi’e Al Bantani, selaku Direktur Dompet Dhuafa Pendidikan.

Selain itu progam renovasi tersebut juga merupakan hasil dukungan dari PT TEZ Capital & Finance yang sudah lama fokus pada pembangunan pendidikan di wilayah tertinggal. Pembangunan kembali MD Mahmudiyah merupakan sekolah ketiga yang perusahaan tersebut sudah renovasi dengan progam serupa.

“Kami dari PT TEZ Capital & Finance , memang memiliki progam Corporate Social Responsibility (CSR) yang kita fokuskan untuk membangun sarana dan prasana sekolah. Saat ini kita sudah bangun tiga sekolah dalam durasi dua tahun ke belakang. Memang kita cari sekolah-sekolah yang butuh untuk dibangun kembali. Sehingga para guru dan murid bisa belajar dengan aman dan nyaman,” terang Astria Wizayanti, selaku Finance & Operational Director PT TEZ Capital & Finance. (Dompet Dhuafa/Zul)