hit counter code


Umam: Saya Tak Ingin Merepotkan Orang Tua

Social Enterpreneur, | Mon 03/2019 16:27:03
Dompet Dhuafa Post Image
Share

SALATIGA -- Seorang pemuda baru saja selesai mengumandangkan adzan di masjid kampusnya. Sebuah kampus berpaduan nuansa keilmuan dan keislaman yang bernama IAIN Salatiga. Pemuda tersebut termasuk pemuda yang mempunyai semangat tinggi untuk belajar. Maka, ketika selesai mengumandangkan adzan, ia mendapat kabar tentang adanya lowongan pengelola Kantin Kontainer. Kebetulan baginya atas kabar tersebut. Sontak saja ia langsung melengkapi persyaratan-persyaratannya dan kemudian melamar.

Pemuda tersebut bernama Choirul Umam, yang sekarang ini merupakan alumnus dari IAIN Salatiga. Ia terlahir dari keluarga yang tergolong kurang mampu, Umam tak ingin sama sekali merepotkan orang tuanya untuk perihal biaya kuliah yang jumlahnya tidaklah sedikit. Inilah yang menjadikan alasannya tertarik bergabung dalam Kantin Kontainer.

Dengan restu Allah SWT, alhamdulillah Umam lolos menjadi salah satu dari 10 penerima manfaat program Kantin Kontainer. Umam memang termasuk mahasiswa berjiwa wirausaha tinggi. Sebelumnya juga pernah menjadi sales dan menjalani pekerjaan sampingan lainnya.

Selain sebagai pengurus Kantin Kontainer, Umam juga dipercaya pihak kampus untuk mengelola kantin milik kampus. Karena melihat kepiawaiannya mengelola Kantin Kontainer. Kemudian Dompet Dhuafa Jawa Tengah dan IAIN Salatiga kembali memfasilitasi mahasiswa sebuah foodtruck untuk dikelola oleh mahasiswa, saat ditemui dalam peluncuran Kantin Kontainer di Kampus IAIN Salatiga, Jumat (1/3/2019) lalu.

Tidak hanya di situ, para mahasiswa penerima manfaat program Kantin Kontainer juga diajarkan untuk berbagi dengan cara menyisihkan sebagian pendapatan kantin sebagai zakat yang disalurkan melalui Dompet Dhuafa Jawa Tengah.

“Saya sangat bersyukur mendapatkan bantuan dari Dompet Dhuafa untuk mengurus kantin bersama 9 teman lainnya. Alhamdulillah dari hasil mengurus kantin, saya dapat membiayai kuliah sendiri tanpa sedikitpun meminta dari orangtua. Sekarang saya juga melanjutkan studi S2 di jurusan Pendidikan Agama di kampus yang sama dengan almamater S1 saya,” jelas Umam, mengungkapkan rasa bahagianya menjadi salah satu bagian dari Kantin Kontainer. (Dompet Dhuafa/Fajar/Jateng)