hit counter code


Hadjat: Harta Hanyalah Titipan Allah SWT

Wakaf, | Mon 03/2019 16:40:34
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA -- Umur akan ada ujungnya, namun amal akan terus menjadi jejak abadi. Kurang lebih, hal tersebut yang menggerakkan seorang Hadjat Santosa (76), menyerahkan wakaf tunai senilai Rp. 500 juta melalui Dompet Dhuafa pada Kamis (28/2/2019). Bertempat di kediamanya di Jakarta Selatan, Hadjat mengikrarkan wakaf atas nama Titiek Rochani, istrinya.

Berprofesi sebagai seorang dokter, Hadjat sangat paham bahwa umur seseorang merupakan misteri. Terlepas dari usaha yang dilakukan, kematian tetap akan menghampiri. Setelah istrinya wafat beberapa bulan lalu, Hadjat memutuskan untuk mewakafkan sebagian hartanya. Hadjat yang merupakan seorang dokter, mewakafkan uang tersebut untuk pembangunan rumah sakit Hasyim Asy’ari yang tengah dibangun Dompet Dhuafa di Jawa Timur. Diharapkan, nantinya rumah sakit tersebut memberikan manfaat yang banyak bagi kaum dhuafa di Jawa Timur, seperti halnya rumah sakit yang dibangun Dompet Dhuafa lainya.

Bagi Hadjat, rejeki yang ia punya selama hidup hanyalah titipan. Sudah menjadi kewajibannya untuk menginfakkan harta, dalam rangka mengembalikan apa yang sudah dititipkan.

“Kita lahir di dunia dalam keadaan nol, apa yang kita usahakan selama hidup hanyalah ikhtiar untuk Allah. Maka sudah semestinya kita kembalikan kepada Allah,” terang Hadjat.

Apa yang telah seorang Hadjat Santosa lakukan merupakan contoh ideal bagi setiap orang. Bahwa ketika nantinya kembali, tidak ada sepeser hartapun yang akan dibawa. Hanya amalan yang menjadi bekal untuk menghadap-Nya. Dengan wakaf, kesempatan mengalirkan amalan secara terus menerus terbuka lebar.

“Kita merasa bersyukur, bahwa sebanyak apapun kekayaan yang kita miliki hanya sebatas titipan. Al-Quran menyarankan bagi setiap muslim untuk menginfakkan hartanya, termasuk wakaf. Karena pahala dan manfaat wakaf akan mengalir terus-menerus. Apa yang telah dilakukan oleh dokter Hadjat Santosa merupakan contoh bagi kita semua, untuk bisa kita tiru,” jelas Ahmad Fauzi Qasim, selaku sekretaris Dewan Syariah Dompet Dhuafa saat mendampingi direktur wakaf Dompet Dhuafa menandatangani komitmen wakaf di kediaman dr. Hadjat Santosa. (Dompet Dhuafa/Zul)