hit counter code


PT. Kuark bersama SLI Dompet Dhuafa Gelar Olimpiade Sains

Pendidikan, | Tue 03/2019 18:45:15
Dompet Dhuafa Post Image
Share

OGAN ILIR -- PT. Kuark yang merupakan salah satu penerbit komik anak, setiap tahunnya menyelenggarakan olimpiade sains. Olimpiade sains bergengsi dan terbesar untuk tingkat SD/MI tersebut, terbuka bagi semua siswa/i, serta dilaksanakan secara serentak di tingkat nasional. Olimpiade tersebut telah diselenggarakan sejak 2007. Lalu bersama kawan Sekolah Listerasi Indonesia (SLI) menggelar kembali Olimpiade Sains Kuark (OSK) di SDN 14 Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan, pada (23/2/2019).

Terdapat 115 siswa turut memeriahkan OSK kali ini. Para peserta berasal dari berbagai sekolah, yakni SDN 08 Indralaya Utara, SDN 14 Indralaya Utara, SDN 24 Indralaya, SD Pindua Meranjat, MI Masdarul Ulum, dan MI Syafa’tut Thulab.

Pendaftaran ulang telah dibuka oleh Kawan Ravika Lisa Indra, pada pukul 07.30 WIB. Seluruh peseta diberikan pengarahan dan ID Card. Kemudian pada pukul 09.00 WIB, pengisian soal olimpiade dimulai. Seluruh peserta antusias dan tertib selama OSK berlangsung. Soal yang dikerjakan peserta berjumlah 40 butir pilihan ganda, dengan durasi waktu pengerjaan 90 menit.

Melalui perlombaan kali ini, memungkinkan adanya sinergi antar sesama agen-agen pendidikan, baik sebagai guru maupun murid. Dengan demikian, mampu menambah pengetahuan dan kemampuan masing-masing peserta dalam mendalami sains.

“SDN 14 Indralaya Utara sebagai tuan rumah OSK tahun ini amat berbahagia. Lima sekolah lain dapat berkunjung ke sekolah kami. Gunakan kesempatan OSK untuk menunjukkan kemampuan terbaik. Jawablah soal dengan sungguh-sungguh dan teliti,” ujar Nur Palah, S.Pd.I., selaku kepala sekolah SDN 14 Indralaya Utara.

Peserta yang lolos babak penyisihan akan diumumkan pada 25 Maret 2019 di web Kuark. Seluruh rangkaian acara berjalan dengan baik dan lancar hingga pukul 10.30 WIB. Kegiatan ditutup dengan foto bersama keseluruhan dan tiap sekolah.

Semoga dengan kegiatan tersebut mampu mendorong minat peserta atau murid-murid dalam ilmu pengetahuan. Mencetak para generasi penerus yang cakap dan kompeten dalam menyikapi segala hal.

“OSK menjadi ajang anak-anak di sini mengenal soal-soal olimpiade. Semoga di OI ada perwakilan yang dapat tembus menuju semifinal,” ungkap Supriyanto, M.Pd., dari SDN 14 Indralaya Utara selaku salah satu pengawas ujian. (Dompet Dhuafa/Fajar)