hit counter code


Lombok Bangkit, Bangunan Baru Sekolah Pasca Gempa Diresmikan

Kebencanaan, | Tue 03/2019 20:08:08
Dompet Dhuafa Post Image
Share

NUSA TENGGARA BARAT -- Ratusan pasang mata menyaksikan peresmian bangunan baru Yayasan Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah di Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, pada Senin (11/3/2019). Selain warga, kepedulian untuk Lombok bangkit dalam gelaran tersebut juga dihadiri oleh Direktur Program Dompet Dhuafa, Gubernur NTB, Bupati Lombok Utara, Bank Dinar, Ikatan Alumni Universitas Brawijaya Malang, Komunitas Sejuta Teman, Tuan Guru, juga Tokoh Masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Hambali, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah, mengungkapkan rasa syukur bahwa sebelumnya sekolah tersebut hanya pesantren yang ala kadarnya. Kemudian datang gempa yang dahsyat, terjadi guncangan semalam suntuk, membuat semua panik menyelamatkan diri hingga ke gunung.

“Setelah itu ternyata ada malaikat yang mengirimkan orang-orang baik untuk Lombok. Ini tidak pernah kami bayangkan. Kini Tarbiyatul Islamiyah memiliki sebuah aula, masjid besar hingga bangunan kelas baru. Hari ini, bagi kami adalah bentuk terima kasih dari masyarakat Medana, khususnya kepada para donatur,” aku Hambali.

Direktur Program Dompet Dhuafa, Bambang Suherman, dalam sambutannya meyakinkan bahwa Dompet Dhuafa masih tetap gerilya untuk pemulihan pasca bencana yang terjadi di Lombok, bulan Juli hingga Agustus 2018 lalu. Diakui bantuan tersebut juga bentuk mandat dari para donatur melalui Dompet Dhuafa, untuk menyampaikan dan mengelola, sehingga bertambah luas manfaatnya.

“Belum selesai Dompet Dhuafa untuk Lombok. Terutama pada tahap recovery. Karena kami juga ingin meningkatkan taraf hidup masyarakat. Selain bidang pendidikan di sini, terdapat juga klinik kesehatan gratis berupa kapal di pesisir dan juga program ekonomi pemberdayaan lainnya,” terang Bambang Suherman.

“Saya tidak berpikir dua kali ketika Dompet Dhuafa melalui Bapak Ismail A. Said (Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika), hadir ke lokasi pasca gempa dan menawarkan untuk bangun kembali sekolah dengan kayu besi kelas satu di Lombok. Alhamdulillah sekali dan terima kasih,” tutup Hambali.

Rangkaian peresmian dimeriahkan dengan penampilan kesenian dari siswa-siswi Tarbiyatul Islamiyah, pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan diresmikan dengan penandatanganan dari pihak Dompet Dhuafa, Tarbiyatul Islamiyah, juga Gubernur NTB. Tentunya juga simbolisasi pembukaan tirai gambar bangunan baru dari sekolah tersebut. (Dompet Dhuafa/Dhika Prabowo)