hit counter code


Rumah Sakit: Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (2)

Kesehatan, | Thu 04/2015 13:10:34
Dompet Dhuafa Post Image
Share

Melly Feyadin

Rumah Sakit: Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (2)

Pertama, pasien harus terdaftar terlebih dahulu sebagai member peserta Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa.
Caranya gampang, cukup membawa Fotokopi KTP, KK, dan mengisi formulir kepersertaan. Perlu di ingat, yang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di Rumah Sakit ini adalah kaum Dhuafa. Nanti pihak RST-DD akan memverifikasi melalui survey dan mewawancarai calon peserta, apakah pantas ataukah tidak menerima bantuan kesehatan ini. 
 
Seperti yang dicontohkan oleh Mbak Fia, Humas RST-DD. Satu keluarga bisa mendapatkan fasilitas pelayanan rumah sakit RST ini, misalkan, kepala keluarganya gaji perbulannya Rp. 4juta, namun rumahnya masih ngontrak, anaknya banyak, sehingga dalam hal ekonomi mereka masih kekurangan. Nah, contoh ini bisa dipertimbangkan untuk bisa mendapatkan pelayanan dari RST-DD. Tapi, tetap..akan melalui proses verifikasi ya.

Salah satu sudut gedung rawat inap yang ditempeli tumbuhan
 
Komitmen Sehat
Ruang lobby yang nyaman

Lalu, masa berlaku kepesertaan RST Dompet Dhuafa itu hanya 2 tahun, nanti setelah dua tahun bisa diperpanjang (melalui verifikasi ulang). Kenapa seperti itu? Karena, masih menurut Mbak Fia.. RST-Dompet Dhuafa berharap, dalam rentang waktu dua tahun tersebut, peserta yang tadinya ekonominya rendah bisa meningkatkan menjadi lebih baik. Karena untuk masalah kesehatan mereka tidak perlu khawatir, RST-DD siap menanggung semua biayanya, jika terjadi sesuatu terhadap peserta.
Di Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa juga menerima pasien BPJS, lho. Yang menariknya, pembiayaan BPJS peserta juga ditanggung oleh RST-DD perbulannya. 
 
Jadi, bagi kaum dhuafa yang merasa kesulitan biaya dalam hal pengobatan dan perawatan di rumah sakit, bisa mendaftarkan diri untuk menjadi peserta RST-Dompet Dhuafa, jangan khawatir soal pelayanan dan fasilitasnya di rumah sakit ini. Karena Insya Allah semua perlengkapan medisnya tidak kalah lengkap seperti di Rumah sakit lain. Tidak usah memikirkan soal biaya, karena semuanya gratis, dananya sendiri berasal dari donator.

Salah satu ruang rawat inap, biaya pembangunannya dari harta yang diwakafkan nama2 itu
 
Bagaimana fasilitas kesehatan yang ada di RS. Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa ini? Seperti yang sudah saya tuliskan diatas, perlengkapannya sudah memadai untuk menunjang segala proses penyembuhan pasien. Walaupun semua kamar rawat inap di RST-DD ini adalah kelas 3, tapi ruangannya sendiri sangat nyaman dan tidak seperti ruangan kelas 3 di rumah sakit pada umumnya. Uniknya kamar-kamar disini namanya menggunakan nama para donator yang sudah mewakafkan hartanya untuk pembangunan rumah sakit ini. Disini juga terdapat taman aroma terapi, terapi kaki, arena bermain anak, mushola, taman waterfall, danau buatan, kantin yang sehat, ambulan, lahir parkir, sekuriti 24 jam, serta layanan mobil jenazah.
Namun, dokter disini sangat terbatas, karena lokasi Rumah Sakitnya sendiri agak cukup jauh dari pusat kota. Jadi dokter prakteknya musti menyesuaikan jadwal.
 
Tapi, sekali lagi jangan khawatir, walaupun saya hanya sebentar mengunjungi RST-DD ini, namun yang terlihat dan terasa oleh saya, perawat disini ramah-ramah, berkompeten dan memiliki empati dan kepedulian yang tinggi melayani semua kebutuhan pasien.

Gerai Zakat, pengunjung yang tertarik menjadi donator bisa disini
 
Bagi teman-teman yang ingin ikut berdonasi atau mengetahui lebih banyak lagi tentang Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, bisa menghubungi kontak dibawah ini.

Jika ada pertanyaan yang ingin ditanyakan, silahkan dikomen, nanti Insya Allah bisa saya sampaikan ke pihak rumah sakit.

 

 
Yayasan Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa.
 
Jln. Raya Parung Km 42, 
Desa Jampang, Kec. Kemang. 
Kab. Bogor
Phone : 0251-861 8651
Fax : 0251-861 0876
Web: www.rumahsehatterpadu.or.id
FB : www.facebook.com/rumahsehat.terpadu
Twitter : @RST_DD
 
Untuk membantu, donasi bisa disalurkan ke:
BCA No. 237.304.5454 A.n Yayasan Dompet Dhuafa
BNI Syariah No. 0298535912 A.n Yayasan Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa
 
Tulisan ini sudah melalui proses editing tanpa menghilangkan substansinya, disadur dari: http://www.melfeyadin.web.id