hit counter code


Gelora Tarhib Sambut Bulan Suci, Menggema Di Penjuru Nusantara Hingga Hong Kong

Sosial, | Tue 04/2019 06:54:45
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA -- Sambut bulan Suci Ramadhan 1440 H/2019, Dompet Dhuafa gelar Tarhib Ramadhan serentak di seluruh wilayah cabangnya di Indonesia. Kemeriahan berlangsung seperti di wilayah Riau, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Sumatera Barat, Yogyakarta, Kalimantan Timur, hingga cabang luar negeri, seperti di Hong Kong, pada Minggu, 28 April 2019. Sebelumnya, gelaran tersebut juga telah menghiasi momen CFD (Car Free Day) Jakarta, pada Minggu, 21 April 2019.

Tarhib tersebut dilaksanakan dengan melakukan long march di momen CFD dengan beragam rangkaian, yakni; Senam Sehat, ALS (Aksi Layanan Sehat), Ngaji On The Street, Atraksi Silat Lintau, Canvassing, juga Campaign Program. Agenda tersebut bertujuan mengajak masyarakat isi kebaikan, berzakat, dan jangan takut berbagi. Turut melibatkan para Dompet Dhuafa Volunteer, sinergi bersama FOZ (Forum Organization Zakat), juga pelibatan aparat.

Direktur Program Dompet Dhuafa, Bambang Suherman, mengatakan Tahrib Ramadhan sebenarnya adalah acara tahunan yang diselenggarakan Dompet Dhuafa dalam rangka mengajak dan mengingatkan masyarakat, bahwa sebentar lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan.
“Kali ini kami mengusung konsepnya lebih pada ibadah Al-Qur’an sebagai pengingat masyarakat untuk mencintai Al-Qur’an di Ramadhan. Kalau tahun lalu kita lebih mengusung kesehatan,” terangnya, ketika ditemui langsung di CFD Jakarta, 21 April 2019 lalu.

Di Riau, Tarhib diadakan di CFD Jalan Jenderal Soedirman, Pekanbaru, sambil diiringi irama Kompang Khas Melayu. Ali Bastoni, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Riau, mengutarakan bahwa pada Ramadhan, intensitas orang bersedekah jauh lebih banyak ketimbang di bulan-bulan lain. Begitu juga dengan ketertarikan orang untuk ikut terlibat dalam berbagai kebaikan.

“Berburu kebaikan di Ramadhan maka kami mengajak masyarakat sama-sama kita isi beragam hal positif dan jangan takut berbagi untuk sesama," lanjutnya.

Di Jawa Timur, Tarhib diadakan di CFD Taman Bungkul, Surabaya, dan akan diadakan kembali pada tanggal 30 April dan 1 Mei 2019 mendatang di Senduro, Lumajang. Tarhib juga berjalan di beberapa daerah antara lain di:

- Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah;
- Joglo Adyatma Ngertiharjo, Bantul, Yogya;
- Jalan Dago, Bandung, Jawa Barat;
- Alun-alun Timur, Kota Serang, Banten;
- Jalan Khatib Sulaiman , Bukittinggi, Padang, Sumatera Barat;
- Jendral Soedirman, Masjid Attaqwa, Kalimantan Timur;
- Pantai Lossari, Makassar, Sulawesi Selatan;

Sedangkan di Hong Kong, pada tanggal yang sama, Tarhib Ramadhan ramai. Diikuti sekitar 1.500 orang, diantaranya yaitu komunitas, majelis ta’lim, juga para Tenaga Kerja Indonesia. Pawai dari North Point ke Central, mereka juga mengutarakan kerinduan akan beribadah puasa di Indonesia. Yuni Suryati, Konsul Pensosbud KJRI Hong Kong, sangat mengapresiasi kegiatan tahunan Dompet Dhuafa tersebut dan berharap tetap berkelanjutan.

General Manager Dompet Dhuafa Hong Kong, Imam Baihaqi, “Untuk menyambut Ramadhan, kegiatan tersebut ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat Hong Kong agar memberikan hak TKI untuk melaksanakan ibadah puasa dan mengkonsumsi makanan yang halal”.

Tidak sampai di situ, rangkaian Tarhib masih akan Dompet Dhuafa laksanakan pada 30 April 2019 di Labuhan Batu, Medan, Sumatera Utara; pada 4 Mei 2019 di Masjid Al-Raiyah DPRD, Sumatera Selatan; pada tanggal 5 Mei 2019 di CFD Bandar Lampung. (Dompet Dhuafa/Dhika Prabowo)