hit counter code


Memberdayakan Pedagang Kecil: Kolaborasi YBM PLN dan Dompet Dhuafa Riau

Ekonomi, | Wed 05/2019 18:42:09
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BELILAS -- YBM PLN dan Dompet Dhuafa Riau Perwakilan Indragiri Hulu terus mengembangkan program pemberdayaan masyarakat melalui dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF). Salah satunya program tersebut adalah “Pengembangan Usaha Pedagang Kecil,” yang diluncurkan di daerah Belilas, Kelurahan Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida, pada Selasa (30/4/2019) lalu.

Di tahap awal “Pengembangan Usaha Pedagang Kecil” tersebut mendapatkan etalase, kursi dan bahan perlengkapan usaha lainnya untuk dua penerima manfaat yakni, Eka yang sehari-harinya menjual cincau, dan Ita penjual lontong. Kedua pedagang tersebut sebelumnya masih menumpang berjualan di depan ruko dengan meminjam meja dan peralatan dagang lainnya ke orang lain. Kurang lebih dalam sebulan masing-masing penerima manfaat menerima pendapatan dari penjualannya sebesar Rp. 700.000.

“Sedangkan tahap lanjutnya nanti akan dilakukan pendampingan intensif dalam pengembangan usahanya. Sehingga terus mendpatkan pantauan perkembangan dan evaluasi berkala. Sehingga kedepannya dari mustahik dapat menjadi muzakki terwujud dengan nyata,” ungkap Dede, Ketua Kantor Dompet Dhuafa Riau Perwakilan Indragiri Hulu.

Anggres, selaku Perwakilan Muzakki dari YBM PLN menuturkan kalau dana yang digunakan dalam program tersebut adalah himpunan dana zakat dari karyawan-karyawati di PLN. Dengan harapan melalui program tersebut mampu memberi keberkahan dan melancarkan rezeki masing-masing penerima manfaat.

“Semua ini kita lakukan dari umat untuk umat. Sehingga kita merasakan bahwa sesama dapat menjadi lebih berdaya,” tutup Dede. (Dompet Dhuafa/Riau/Fajar)