hit counter code


Maknai Jangan Takut Berbagi, Selama Ramadhan Dompet Dhuafa Tebar 750 Takjil Setiap Hari

Sosial, | Thu 05/2019 15:44:25
Dompet Dhuafa Post Image
Share

DEPOK -- Relawan Dompet Dhuafa menggelar bagi-bagi takjil gratis kepada masyarakat, pada Rabu (9/5/2019) petang. Para relawan Dompet Dhuafa dari beberapa tempat memulai kegiatan tersebut khususnya bagi pengguna jalan di kawasan Margonda Raya, Beji, Kota Depok. Kemudian di tempat lain, beberapa relawan juga berangkat ke Tugu Tani untuk melakuan hal serupa.

Tidak hanya bagi-bagi takjil, sebagai lembaga zakat, Dompet Dhuafa memanfaatkan program tersebut sebagai sarana kampanye kepada masyarakat untuk semakin giat berzakat. Momen tersebut sekaligus juga menyosialisasikan lembaga dan program-program Dompet Dhuafa, terutama di Ramadhan. Dalam hal ini, para relawan dibekali dengan atribut-atribut lain, seperti cosplay Bang Sidiq, maskot Dompet Dhuafa dan sejumlah poster.

Rencana program bagi-bagi takjil terus bergulir hingga akhir Ramadhan pada setiap harinya. Khoirul, salah satu panitia, mengatakan Dompet Dhuafa menargetkan 750 takjil akan dibagikan kepada masyarakat setiap harinya.

“Sebanyak 750 takjil tersebut akan dibagikan di 2 titik setiap harinya, selain Sabtu dan Minggu. Kami menargetan untuk menyebar di 20 titik selama Ramadhan ini,” imbuh Khoirul.

Harapan dari program tersebut masyarakat semakin sadar untuk berzakat. Apalagi sekarang berzakat sangatlah mudah. Menurut riset yang berjudul Economic Estimation and Determinations of Zakat Potential in Indonesia oleh IPB, dan IDB tahun 2011, bahwa potensi zakat Indonesia dalam setahun dapat mencapai Rp 217 triliun. Namun realisasinya, penghimpunan zakat nasional baru mencapai sekitar 1% dari potensi zakat tersebut.

Para relawan turut senang dapat membantu Dompet Dhuafa berbagi takjil sealigus kampanye berzakat. “Saya sudah beberapa kali menjadi relawan program-program Dompet Dhuafa, termasuk bagi takjil ini. Tahun lalu juga saya ikut berpartisipasi. Saya senang dapat ikut program-programnya Dompert Dhuafa,” ujar Agus, relawan bagi-bagi takjil Dompet Dhuafa. (Dompet Dhuafa/Muthohar)