hit counter code


Darling Dompet Dhuafa Layani Korban Terdampak Kebakaran Kampung Bandan

Kebencanaan, | Mon 05/2019 16:45:53
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA -- Di tengah suka-cita bergulirnya Ramadhan 1440H/2019, musibah melanda saudara kita di kawasan pemukiman padat penduduk Kampung Bandan, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Pada Sabtu (11/5/2019), si jago merah melahap pemukiman penduduk yang terdiri dari 450 bangunan semi permanen dan dua ruko, di kawasan RT 11, 12 dan 13, RW 05. Menurut data yang terhimpun di lapangan, terdapat korban terdampak 400 Kepala Keluarga yang di dalamnya ada sekitar 3.500 jiwa.

Melihat peristiwa tersebut, tim Dompet Dhuafa melalui Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM), sigap merespon. Kali ini respon cepat tersebut dengan menghadirkan Dapur keliling (Darling) Dompet Dhuafa, untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat pengungsi. Mengingat dalam catatan tim di lapangan, dari sekitar 3.500 jiwa yang megungsi, terdapat kelompok usia rentan seperti lansia dan balita.

"Begitu mendapat kabar berita dari musibah tersebut, kami langsung mengirimkan tim Darling untuk melayani pengungsi. Mulai dari dapur hangat hingga pasokan menu buka puasa kami hadirkan di sana," terang Hendra Setia, selaku Direktur Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa, melalui pesan singkat.

Hadirnya Darling Dompet Dhuafa cukup menjadi pelipur lara bagi para korban terdampak kebakaran Kampung Bandan. Bahkan keberadaan Darling juga mendapat apresiasi dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat meninjau lokasi kebakaran. Setelah meninjau lokasi kebakaran, Anies Baswedan, menghampiri mobil Darling Dompet Dhuafa dan menyapa para petugas, serta menyakan program dari Dapur Keliling sekaligus mengapresiasinya.

"Aksi Darling sudah bergulir dari Minggu (12/5/2019) untuk melayani relawan dan para penyintas kebakaran. Di tahap awal, kami merencanakan Darling dapat beroperasi di pengungsian korban kebakaran Kampung Bandang selama tiga hari kedepan, untuk menyiapkan kebutuhan makanan sekitar 500 paket. Selain itu juga menyediakan beragam minuman hangat dari dapur hangat," tambah Hendra.

Saat ini, tim Darling berada di kawasan pengungsian warga di Ruko Grand Boutique, Mangga Dua VIII, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Mari, kita gelorakan semangat #JanganTakutBerbagi untuk membantu saudara sesama, korban kebakaran Kampung Bandan, bersama Dompet Dhuafa. (Dompet Dhuafa/Taufan YN)