hit counter code


Cerita Ramadhan Mancanegara: Pengalaman Unik Di Kereta Cepat Thailand

Dakwah, | Tue 05/2019 17:07:37
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BANGKOK,THAILAND -- Ustadz Taufiq Hidayat Nazar, selaku Dai Ambassador Dompet Dhuafa untuk negara Thailand. Menuturkan kisah menarik. Belum lama ini, ketika hendak menuju daerah Surasak. Beliau menggunakan Bangkok Train Skytrend (BTS). Namun untuk memastikan kembali kereta yang mana hendak ke Surasak. Akhirnya beliau bertanya kepada salah satu penumpang sekitar hingga mengantarkannya ke pengalaman unik.

“Ia juga tidak terlalu yakin, ia pun juga berusaha bertanya kepada seorang ibu lokal untuk memastikan kereta yang mana. Hingga akhirnya kami menaiki lokomotif yang sama,” ujar Ustadz Taufiq.

Orang yang berkenalan dengan Ustadz Taufiq merupakan salah seorang Dokter di Rumah Sakit di sana. Rupanya Dokter tersebut hendak menuju pulang ke rumahnya di wilayah Ban-wang, Bangkok.

“Sayangnya saya lupa nama dan Rumah Sakit tempat Ia bekerja. Maklum, nama-nama dan kata-kata bahasa thai sangat sulit. saya ingat dan ucapkan, meskipun saya telah menuliskan dan menyebutnya berulang-ulang kali,” lanjut Ustadz Taufiq.

Ketika di dalam rangkaian kereta yang masih belum dipastikan apakah menuju Surasak atau tidak,mereka berdua saling menuturkan kisah-kisah satu sama lain. Hitung-hitung berbagi cerita tentang Ramadhan dari dua negara yang berbeda walaupun masih sama-sama di kawasan Asia Tenggara.

“Awalnya saya memperkenalkan Dompet Dhuafa dan program Dai Ambassador dengan kemampuan bahasa inggris saya yang jauh dari kata pas-pasan,” aku Ustadz Taufiq.

Melalui pengalaman lucu nan singkat tersebut. Ustadz baru saja memiliki teman baru dari negeri asing yang keramahannya sudah tidak asing. Hingga membuat mereka menjadi mudah akrab satu sama lain.

“Dari pertemuan singkat ini kurang lebih saya bisa mensyiarkan sebuah lembaga filantropi islam milik Indonesia, ramadhan dan puasa yang ditutup dengan pesan ramah dokter: ‘selamat berpuasa ustadz,” kenanng Ustadz Taufiq. (Dompet Dhuafa/Taufiq Hidayat Nazar, Dai Ambassador Penempatan Thailand/Fajar)