hit counter code


Bersama PTTEP, Dompet Dhuafa Semarakkan Buka Puasa Bersama Ala Grebek Kampung

Sosial, | Fri 05/2019 19:35:02
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA -- Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) turut menyemarakkan program Ramadhan Dompet Dhuafa ‘Grebek Kampung’. Kali ini acara Grebek Kampung dilaksanakan di Yayasan Nurul Jalal Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (18/5/2019), dengan melibatkan 3 Ponpes dan Warga RW 07 Desa Warakas. Ketiga Ponpes tersebut adalah Ponpes Roudlotul Aitam, Ponpes Al-Wathoniyah, dan Ponpes Nurul Jalal.

Program Grebek Kampung sudah berlangsung sejak awal Ramadhan 1440, menargetkan 144 kampung di seluruh Indonesia. Di Kampung Warakas, Tanjung Priok, merupakan Grebek Kampung merupakan kali kedua yang diselenggarakan di kawasan Jabodetabek setelah yang pertama diadakan di Ciseeng, Bogor.

Disponsori oleh PTTEP, Perusahaan minyak internasional berpusat di Thailand, LKC merangkai beberapa acara seperti GEMAS (Gerakan Masjid Sehat), ASSET (Asrama Saya Sehat), dan ATM (Anjungan Tes Medik). ATM sendiri meliputi tes kesehatan gratis dan pengobatan gratis bagi warga Warakas khusunya RW 07.

Selain itu, LKC juga menyelenggarakan Workshop Keterampilan ‘Membuat Kue’ bagi ibu-ibu PKK Warakas dan santriwati ponpes Nurul Jalal. Tidak hanya sekedar membuat kue, peserta juga diajarkan bagaimana membuat kue yang lezat dengan tetap mengedepankan sisi kesehatan.

“Cara tersebut besok-besok dapat diterapkan juga di makanan ringan lainnya ya bu. Jadi selain makanan yang kita buat enak, juga mengandung gizi yang baik,” tutur dr. Evi, PIC acara sekaligus pemateri workshop.

Dari sisi layanan masyarakat, LKC juga mengajak tim Dapur Keliling (DARLING) Dompet Dhuafa, guna turut memeriahkan acara. Darling bersama tim menyediakan masakan berbuka untuk warga Warakas dan santri Nurul Jalal dan tamu undangan.

Selain menu berbuka, berdasarkan data yang diperoleh dari ketua RW, Dompet Dhuafa juga menyediakan 350 paket sembako bagi para dhuafa. 100 paket akan dibagikan secara cuma-cuma kepada dhuafa dan 250 paket dijual dengan harga yang sangat murah.

“Dengan begitu, harapan kami masyarakat-masyarakat kecil ikut merasakan keberkahan Bulan suci Ramadhan,” ujar Yuniarko, Direktur Wakaf Dompet Dhuafa, kepada awak media.

Wahyu, pengurus Ponpes Nurul Jalal, mengungkapkan rasa terima kasih kepada donatur Dompet Dhuafa dan pihak-pihak terkait lainnya. Dengan diadakannya acara seperti tersebut, santri-santri di Ponpes Desa Warakas dapat saling gotong-royong bersama warga.

Senada dengan Wahyu, Wahrus Nugroho, Lurah Warakas, juga mengungkapkan dirinya mewakili warga Warakas berharap acara ini akan tetap berlangsung terus menerus. (Dompet Dhuafa/Muthohar)