hit counter code


Ambassador WHD Datangi Grebek Kampung Dompet Dhuafa

Sosial, | Fri 05/2019 20:05:53
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA -- Salah satu ambassador komunitas World Hijab Day (WHD) mendatangi lokasi ‘Grebek Kampung’ yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa di Desa Warakas, Tanjung Priok, Sabtu (18/5/2019). WHD adalah komunitas muslimah yang memiliki misi menumbuhkan toleransi dan pemahaman agama dengan mengajak wanita muslim maupun non-muslim yang belum memakai hijab untuk mengenakan hijab suatu saat nanti.

Trifty Qurrota Aini, Ambassador WHD Indonesia, menjelaskan banyak program yang dilaksanakan oleh WHD. Di setiap negara memiliki program-program tersendiri yang sesuai dengan kondisi di negara tersebut. Di Indonesia, Trifty dan dua ambassador Indonesia lainnya mencanangkan program ‘Hijab Donation’.

Trifty mengumpulkan penggalangan hijab dari para donatur, kemudian disalurkan kepada muslimah-muslimah Indonesia, khususnya dhuafa yang belum mengenakan hijab. Selain itu, model cantik tersebut juga menerima donasi berupa uang untuk dibelikannya hijab.

Di Bulan suci Ramadhan ini, WHD berkesempatan untuk berdonasi kepada warga Desa Warakas dengan berkolaborasi bersama Dompet Dhuafa dalam acara Grebek Kampung. Setidaknya ada 100 hijab yang dibawa oleh Trifty untuk didonasikan kepada santriwati ponpes Nurul Jalal dan warga Desa Warakas.

“Keadaan di barat beda dengan di Indonesia. Kalo di Indonesia kan mayoritas muslim, kalo di barat karena minoritas jadi masih banyak yang fobia dengan hijab, diskriminasi, dan lain-lain. Jadi program di sana pun juga berbeda. Di sana lebih ke memperkenalkan islam terlebih dahulu, bahwasanya islam itu indah, menjadi muslimah itu cantik,” terang Trifty.

Trifty juga melanjutkan program lainnya di luar negeri adalah dengan mengubah kesalah pahaman mengenai islam. Bahwa islam itu tidak seperti yang diberitakan di media, yang selalu dikaitkan dengan terorisme. Sedangkan di indonesia lebih ke pemberian motivasi untuk selalu mengenakan hijab.

Sesuai namanya, World Hijab Day merupakan peringatan hari hijab yang ditetapkan setiap tanggal 1 Februari, sebagai pengakuan atas jutaan wanita muslimah yang memilih untuk mengenakan jilbab dan menjalani kehidupan yang sopan. WHD digagas oleh seorang warga New York, Nazma Khan. Saat ini kantor pusat WHD berada di New York City, Amerika. (Dompet Dhuafa/Muthohar)