hit counter code


Cerita Ramadhan Mancanegara: Dompet Dhuafa Hong Kong Gelar Tabligh Akbar dan Berbuka Puasa Bersama di Taman Victoria (Catatan Relawan - Bagian Tiga)

Dakwah, | Sat 05/2019 14:38:52
Dompet Dhuafa Post Image
Share

CAUSEWAY BAY, HONG KONG -- Menjelang maghrib, relawan Dompet Dhuafa Hong Kong, yang sebagian adalah BMI (Buruh Migran Indonesia), mulai ramai membagikan takjil kepada ratusan peserta yang hadir dalam acara Tabligh Akbar dan Berbuka Puasa Bersama di Area Palm, Taman Victoria, Minggu (19/5/2019). Pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) dan Majelis Islam Hong Kong pun turut menghadiri gelaran Dompet Dhuafa tersebut sejak ba’da Ashar.

“Sejak lama Dompet Dhuafa berusaha selalu mendampingi para BMI dan menjawab solusi atas pelayanan di Hong Kong. Maka tidak berlebihan jika hari ini kami hadirkan kembali ukuwah silaturahmi berbuka puasa bersama pada mereka. Alhamdulillah, acara berlangsung lancar dan ramai. Semua antusias dan para relawan luar biasa dengan semua dukungannya,” aku Imam Baihaki, General Manager Dompet Dhuafa Cabang Hong Kong.

Ia juga mengatakan gelaran tersebut merupakan salah satu fungsi Dompet Dhuafa menjalin silaturahmi umat muslim. Selain itu juga merawat asa para BMI ataupun masyarakat Indonesia yang berada di Hong Kong.

Wati, salah satu BMI sekaligus relawan Dompet Dhuafa Hong Kong, mengaku senang terlibat dalam aktivitas kebaikan Dompet Dhuafa, terlebih dalam acara berbuka puasa kali ini. Pasalnya, tahun ini adalah akhir dari masa kontrak kerjanya di Hong Kong sebagai BMI dan dalam hitungan hari ia akan segera kembali ke tanah air, Indonesia. Ia juga mengatakan sejak pagi hari, bersama relawan atau teman-teman BMI lainnya telah mempersiapkan diri untuk memasak dan menyiapkan makanan sebanyak 1.000 porsi.

“Dompet Dhuafa bagi kami seperti rumah di Hong Kong. Kami di sini jauh dari keluarga dan lama tidak bertemu mereka. Dompet Dhuafa dapat menggantikan rasa tersebut di Hong Kong. Bertambah pula kegiatan positif kami ketika libur dan bertambah keluarga sesama BMI yang memperkuat kekeluargaan kami,” aku Wati.

Wati pun sangat senang akan segera bertemu kembali dengan sanak saudara di Indonesia. Namun ia juga mengaku sangat sedih karena harus berpisah dengan keluarga Dompet Dhuafa di Hong Kong.

Tabligh Akbar yang terselenggara, juga diramaikan oleh partisipasi dari berbagai komunitas BMI dengan beberapa penampilan Hadroh dan Shalawat. Kemudian Tausyiah oleh para Dai Ambassador Cordofa (Corps Dai Dompet Dhuafa), yang khusus hadir di Hong Kong selama bulan Ramadhan 1440 H. Selain inti acara yakni Berbuka Puasa Bersama, rangkaian acara juga dilengkapi dengan shalat tarawih berjamaah, sebanyak 11 rakaat.

Telah menjadi sebuah tradisi untuk berkumpul di Taman Victoria, pada setiap hari minggu bagi para komunitas masyarakat Indonesia, khususnya para BMI yang bekerja di Negeri Beton tersebut. Layaknya sebuah hari raya, mereka kompak berkumpul di area taman untuk menikmati waktu liburnya bersama-sama. Melakukan berbagai aktivitas sesuai hobi dan curahan hatinya. Namun berkumpulnya mereka dalam satu kajian dakwah untuk mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. Merupakan sebuah pilihan bijak agar kelak menambah manfaat kebaikan dan saling berbagi. (Dompet Dhuafa/Dhika Prabowo)

 

Baca juga :