hit counter code


Cegah Makanan Terbuang Melalui Rantang-Renteng

Sosial, | Sun 05/2019 23:55:00
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA -- Ketika memasuki Ramadhan banyak makanan berlebih. Baik makanan ketika berbuka maupun sahur yang akhirnya tidak termakan dan menjadi tumpukan sampah. Semesta Hijau Dompet Dhuafa mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam mengonsumsi makanan ketika berbuka maupun sahur agar tidak terbuang sia-sia dan menjadi tumpukan sampah. Data Dinas Lingkungan Hidup DKI  Jakarta pada Ramadhan 2018 lalu, volume sampah di DKI Jakarta mengalami peningkatan sebesar 4 persen atau setara 289 ton per hari.

Sebagai salah satu aksi nyata untuk mencegah makanan terbuang di saat Ramadhan, Semesta Hijau mengadakan kegiatan bernama “Rantang-Renteng” pada Minggu (19/5/19). Kegiatan tersebut melibatkan relawan untuk melakukan penjemputan makanan berlebih dari sejumlah donatur yang ada di sekitar Jakarta dan Tangerang Selatan.

Makanan-makanan tersebut kemudian dikemas menggunakan rantang untuk meminimalisir penggunaan kemasan sekali pakai. Makanan yang sudah dikemas ke dalam rantang, kemudian diangkut relawan dengan mengendarai sepeda motor ke sejumlah titik. Salah satu titikmya yaitu dari daerah Cipondoh, Tangerang, dan Pamulang, Tangerang Selatan.

Menurut Ahmad Sodik, selaku penanggung jawab kegiatan, Rantang-Renteng merupakan bagian dari upaya kecil pemenuhan kebutuhan makanan untuk warga kurang mampu. Selain itu juga menjadi upaya untuk mengatasi persoalan sampah dari hulu, khususnya sampah makanan.

“Kegiatan rantang-renteng tersebut akan berlangsung dua kali selama Ramadhan, yaitu pada 19 dan 25 Mei,” lanjut Sodik. (Dompet Dhuafa/Semesta Hijau)