hit counter code


Lewat Pos Sehat, Dompet Dhuafa Jogja Berdayakan Kesehatan Masyarakat Pajangan

Kesehatan, | Thu 04/2015 14:09:30
Dompet Dhuafa Post Image
Share

YOGYAKARTA- Sehat memang tidak murah. Masih banyak masyarakat kita yang masih kesusahan untuk berobat atau sekedar mengetahui kondisi kesehatannya. Faktor ekonomi yang lemah menjadi salah satu alasan terbesar susahnya mendapat layanan kesehatan yang layak bagi masyarakat kurang mampu.

Untuk mengatasi problematika tersebut , memerlukan komitmen kuat. Sehingga,  segala upaya dan usaha terbaik harus dibutuhkan, agar kesulitan kaum dhuafa mampu teratasi.

Memang, memberdayakan kaum dhuafa menjadi prioritas utama. Namun, tidak ada salahnya bila pemberdayaan dalam bidang kesehatan misalnya, mampu dirasakan seluruh aspek masyarakat. Seperti kegiatan pemberdayaan kesehatan yang selama ini dijalankan Pos Sehat Dompet Dhuafa Jogja. 

Melalui Pos Sehat tersebut, Dompet dhuafa Jogja berusaha menghadirkan berbagai program kesehatan yang ditujukan untuk membantu masyarakat dhuafa. Untuk mempermudah masyarakat dhuafa dalam memberikan layanan kesehatan, Pos Sehat juga bekerjasama dengan Puskesmas daerah setempat.

Sejak Desember tahun lalu, Pos Sehat Dompet Dhuafa Jogja mulai digulirkan di Dusun Kersan, Triwidadi, Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Sebelumnya juga telah dibuka Pos Sehat di kawasan Secang, Sidomulyo, Pengasih, Kulon Progo dan Bendo, Ngentakrejo, Lendah, Kulon Progo. Pos Sehat di Pajangan, Bantul ini bertempat di salah satu rumah warga yang merupakan Kepala Dusun di wilayah tersebut.

“Berdirinya Pos Sehat ini sebagai ikhtiar Dompet Dhuafa Jogja dalam memberdayakan masyarakat dhuafa di kawasan Pajangan dalam hal layanan kesehatan. Semoga upaya yang dilakukan Dompet Dhuafa Jogja mendapat dukungan berbagai pihak,” ujar Bambang Edi Prasetyo, Manager Pendayagunaan Dompet Dhuafa Jogja.

Melihat sinergi yang terjalin baik antara  Pos Sehat Dompet Dhuafa Jogja dengan Puskesmas, masyarakat menyambut dengan antusias adanya Pos Sehat. Hal ini ditujukan dengan cukup banyaknya masyarakat yang memeriksakan kesehatan semenjak Program Pos Sehat kawasan Pajangan digulirkan.

Dalam setiap bulannya, Pos Sehat Pajangan Dompet Dhuafa Jogja juga melaksanakan berbagai program kesehatan seperti Aksi Layan Sehat (ALS) atau pemeriksaan kesehatan gratis. Kurang lebih 30 orang warga hadir dan memeriksakan kesehatannya.

“Semoga Pos Sehat Pajangan ini dapat membantu masyarakat menjadi lebih sehat dan berparadigma sehat,” harapnya. (uyang)