hit counter code


Mudik Aman Syariah: Dompet Dhuafa Luncurkan Aplikasi MUMU

Social Enterpreneur, | Tue 06/2019 20:53:53
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA -- Digitalisasi merambah ke berbagai sektor kehidupan, dari mulai moda transportasi, kuliner, literasi, hiburan, hingga kegiatan amal. Belum lama ini Dompet Dhuafa melalui anak usahanya PT. Duta Danadyaksa Teknologi (DD Tekno) bersama PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) dan PT Asuransi Syariah Keluarga Indonesia (ASyKI) meluncurkan aplikasi MUMU yang bertajuk “Gaya Hidup Digital Syariah” di Hotel Puri Denpasar Jakarta, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan (29/05/2019).

MUMU yang merupakan kepanjangan dari Membangun Ummat Menguatkan Ukhuwah adalah aplikasi e-business yang memungkinkan para Wakif, Muzakki, Mustahik maupun Munfiq bertemu dalam satu ekosistem digital. Melalui aplikasi ini pula pengguna dapat melakukan pembayaran wakaf, zakat, dan donasi lainnya lewat uang elektronik. Selain itu juga MUMU mampu melayani transaksi biller dengan memanfaatkan fasilitas perbankan seperti pembelian pulsa dan listrik pra-bayar, pembayaran tagihan listrik dan telepon pasca bayar, tagihan air dan lainnya.

“Peluncuran ini merupakan bagian dari agenda tranformasi digital Dompet Dhuafa, Gaya Hidup Digital Syariah akan mengintegrasikan pegiat ekonomi digital di bidang filantropi, perdagangan dan keuangan sebagai akselerator program pengentasan kemiskinan di Indonesia,” ungkap Direktur Utama DD Tekno, Prima Hadi Putra.

Komisaris DD Tekno, Iskandar, menambahkan, melalui platform digital ini diharapkan kegiatan amal menjadi salah satu bagian gaya hidup yang paling penting. Dengan demikian semakin banyak pula orang-orang yang tertarik beramal dan membantu sesamanya. Di lain pihak, Direktur Utama LinkAja, Danu Wicaksana, melihat perkembangan transaksi berbasis digital semakin meningkat. Artinya banyak orang yang sudah saling terhubung satu sama lain.

"Transaksi digital untuk amal terbilang besar. Semoga kerjasama dengan MUMU bisa mendorong minat masyarakat untuk beramal dan meningkatkan donasi," jelasnya.

Melalui peluncuran aplikasi ini juga ditandai dengan diresmikannya program asuransi Mudik Aman Syariah, yang di mana pengguna bisa membelinya dengan harga Rp 9.500 dan sudah termasuk Wakaf melalui uang sebesar Rp 1.500. Mudik Aman Syariah yang juga bagian dari aplikasi MUMU, akan menjadi proteksi asuransi siapa pun bagi yang akan melalukan perjalanan mudik. Asuransi ini berlaku selama 15 hari. Dan akan memberikan santunan sebesar Rp 50.000.000 apabila terjadi kecelakaan lalu lintas yang berakhir meninggal dunia. Lalu untuk mengaksesnya cukup mudah yakni dengan cara mendaftar dan melakukan pembayaran lewat aplikasi LinkAja atau melalui laman proteksi.ddtekno.com.

Ke depannya aplikasi MUMU juga akan mengintegrasikan layanan akomodasi penjualan tiket, vending machine, dan pelbagai perdagangan. Barang-barang yang diperjualbelikan bisa berasal dari produk Dompet Dhuafa ataupun dari pengguna aplikasi MUMU yang memiliki potensi produksi. (Dompet Dhuafa/Fajar)