hit counter code


Tebar Zakat Fitrah Ceriakan Masyarakat Dhuafa Menjelang Lebaran

Zakat, | Tue 06/2019 21:00:04
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BOGOR -- Mak Sawi, janda 70 tahun itu terlihat bahagia sesaat setelah tim Dompet Dhuafa menyalurkan seejumlah bahan pangan pokok ke rumahnya. Tinggal di Kampung Kramat RT 02/RW 04, Desa Pabuaran, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, nenek 10 anak tersebut harus melewati hari raya Idul Fitri tahun ini dengan lebih sepi. Dari 10 anaknya, tidak semua bisa mudik berkumpul bersama. Namun kehadiran Progam tebar Zakat Fitrah di kampungnya telah memberikan kebahagiaan tersendiri. Bagi seorang lansia, tidak lagi bisa produktif. Kebutuhan lebaran pun tidak semeriah tetangga. Bahan pokok yang ia terima dinilainya sangat membantu.

“Terimakasih, Kang, alhamdulillah ini, sudah peduli sama nenek-nenek seperti saya,” sambut Mak Sawi. Ia tidak bahagia sendirian, Tebar Zakat Fitrah di Kampung Kramat, Desa Paburan, telah menyalurkan sebanyak 157 paket zakat. Masyarakat dhuafa yang kesulitan memenuhi kebutuhan lebaran seperti Mak Sawi menjadi sasaran Tebar Zakat Fitrah tahun ini. Keceriaan hari raya pun dirasakan di seluruh penjuru Kampung Kramat.

“Alhamdulillah senang bisa ikut serta dalam pembagian zakat dari Dompet Dhuafa. Saya lihat warga banyak yang senang dengan kegiatan ini. Mereka ternyata masih banyak yang belum terpenuhi kebutuhan lebarannya, setidaknya dengan adanya zakat fitrah ini, kebutuhan pokok mereka telah terpenuhi,” terang Agus Tubagus, koordinator penyaluran zakat di Kampung Kramat.

Setiap tahunnya Dompet Dhuafa sebagai lembaga filantropi Islam juga berperan sebagai lembaga amil dan zakat bertugas menghimpun dan menyalurkan dana zakat dari masyarakat. Penyaluran zakat, atau lebih dikenal dengan Tebar Zakat Fitrah dilakukan oleh Dompet Dhuafa ke setiap daerah di Indonesia. Melalui Lembaga Pelayanan Masyarakat (LPM) dan kantor cabang Dompet Dhuafa di seluruh Indonesia memungkinkan dana zakat bisa disalurkan lebih luas dan tepat sasaran. Seperti yang dilakukan DOmpet Dhuafa di Kampung Kramat. Bukan hanya Mak Asih dan warga Kampung Kramat saja, namun juga ribuan bahkan jutaan warga dhuafa di Indonesia bisa merasakan nikmatnya kebahagiaan Hari Raya melalui zakat yang disalurkan melalui Dompet Dhuafa. (Dompet Dhuafa/Agus/Zul)