hit counter code


Cerita Ramadhan Mancanegara: BMI Hong Kong Isi Kegiatan Ramadhan dengan Klinik Qur’an Da’I Ambasador Cordofa (Catatan Relawan - Bagian Tujuh)

Luar Negeri, | Tue 06/2019 21:26:10
Dompet Dhuafa Post Image
Share

CAUSEWAY BAY, HONG KONG -- Telah menjadi sebuah tradisi untuk berkumpul di Taman Victoria pada setiap hari minggu bagi para komunitas masyarakat Indonesia, khususnya para BMI (Buruh Migran Indonesia) yang bekerja di Negeri Beton ini. Layaknya sebuah hari raya, mereka kompak berkumpul di area taman untuk menikmati waktu liburnya bersama-sama. Melakukan berbagai aktifitas sesuai hobi dan curahan hatinya.

Hari itu, Minggu (19/5/2019), di salah satu sudut hamparan Taman Victoria juga dilaksanakan Klinik Qur’an oleh Dompet Dhuafa, dipimpin oleh Ustaz Riendi Tanjung, salah satu Da’I Ambasador Cordofa. Dimulai dengan dakwah sembari melakukan ice breaking, kemudian praktek mengaji Qur’an satu-persatu. Ada jama’ah yang senantiasa mengikuti kegiatan ini, ada pula yang baru saja bergabung bahkan mengenal belajar mengaji. Jama’ah juga bertambah berkat gerakan Dakwah On The Road yang dilakukan sebelum Klinik Qur’an digelar.

“Melakukan dakwah di tempat berbeda dengan cara-cara yang juga berbeda. Inilah makna dan keunikan yang kami rasakan. Saya juga menyampaikan pada jama’ah, bahwa dahulu niat saya mengaji hanya satu, yakni agar saya bisa menjadi doa dan amal bagi kedua orang tua saya. Alhamdulillah, mereka tambah semangat ingin mengaji,” terang Ustaz Riendi Tanjung.

Salah satu jama’ah, Dian Sofi, salah satu BMI (Buruh Migran Indonesia) di Hong Kong sejak 2012, tergerak hatinya untuk mendermakan hartanya. Ia tergerak ketika mengikuti Klinik Qur’an Dompet Dhuafa melalui dakwah Ustaz Riendi yang dirasa menyentuh hatinya. Ia mengaku dirinya belum pernah membayar zakat sejak tujuh tahun silam.
“Hati saya tiba-tiba tergerak, jadi alangkah lebih baik jika saya langsung bayarkan zakat ini ke Dompet Dhuafa. Saya berzakat sebesar $ 8.822 DHK, alias jika dirupiahkan senilai Rp 16.236.188,-,”ungkap Dian. “Setelah menunaikan zakat, hati ini ‘plong’, lega, tidak terasa mengganjal. Serasa tidak memiliki hutang”.
Berkumpulnya mereka dalam satu kajian dakwah untuk mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa, merupakan sebuah pilihan bijak agar kelak menambah manfaat kebaikan di hari liburnya. Seselesainya Klinik Qur’an, semua jama’ah melaksanakan solat Dzuhur berjama’ah yang berlangsung khidmat diimami oleh Ustad Hawasyi. Sore harinya di Taman Victoria Area Palm, Dompet Dhuafa Hong Kong melaksanakan Tabligh Akbar dan Buka Puasa Bersama. (Dompet Dhuafa/Dhika Prabowo)