hit counter code


Membentuk Ketangguhan Anak, Terapan Parenting ala Mona Ratuliu

Sosial, | Mon 06/2019 16:03:53
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA -- “Esensi menjadi orang tua adalah menjadikan anak mandiri. Ketika mereka sanggup kecewa dengan aman dan sanggup bersepakat. Sehingga mereka dapat berjuang dan berdikari tanpa kita, para orang tua sebagai persiapan kelak,” papar Mona Ratuliu, selaku Praktisi Parenting, melalui acara Seminar Parenting di Mediterania Function Room - Pacific Place Mall, Senayan, Jakarta Selatan, pada Kamis (20/6/2019).

Bagi Mona, fungsi orang tua ialah sebagai pelindung dan sumber pembelajaran. Maka sebagai orang tua sebaiknya ikut belajar dan mengembangkan diri dengan perkembangan terkini menyesuaikan zaman sang anak. Orang tua sebagai pelindung, tetap harus menyesuaikan jangan sampai over protecting. Sehingga menimbulkan ketidak nyamanan tersendiri.

“Children see and children do, inilah yang dimaksud orang tua sebagai sumber pembelajaran. Karena menjadi contoh langsung dalam kehidupan sehari-harinya,” lanjut Public Figure, yang juga ibu tiga anak tersebut.

Dengan pengalamannya, Mona berprinsip, bahwa ketangguhan anak dapat terbentuk melalui berproses, menunggu, juga menghadapi kesulitan. Dari hal-hal tersebut muncul keinginan menyelesaikan masalah dan mencari solusi. Berakit-rakit ke hulu, berenang kemudian, kesanggupan melakukan hal yang kurang nyaman, namun demi mendapatkan sesuatu yang lebih nyaman.

Keriaan acara tersebut tidak hanya dihadiri oleh orang tua, namun juga para guru sebagai bekal mendidik anak-anak muridnya di sekolah. Bahkan dari 100 peserta yang hadir, sebagian adalah laki-laki, terdapat remaja usia 22 tahun dan belum menikah hingga nenek usia 72 tahun.

General Manager Human Capital Dompet Dhuafa, Maya Sita Darlina, mengatakan, bahwa saat ini kemajuan teknologi dapat menjadi peluang sekaligus ancaman bagi orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Hal tersebut menjadi dasar bagi Dompet Dhuafa dan Pacific Place untuk bersinergi dalam mencanangkan orang tua hebat melalui seminar parenting bertajuk ‘Mendidik Generasi Millennial di Era Digital bersama Mona Ratuliu dan Siti Evangeline’.

“Maka menjadi orang tua masa kini membutuhkan pengetahuan dan keterampilan ekstra dalam menghadapi generasi millennial. Jika tidak disertai dengan ilmu parenting yang cukup, kerjasama antara orang tua dan anak tidak akan mendapatkan pola asuh yang baik bagi masa depannya,” tutur Maya Sita Darlina. (Dompet Dhuafa/Dhika Prabowo)