hit counter code


Kampoeng Ternak Jawa Tengah, Siap Sukseskan THK 2019

Kurban, | Tue 06/2019 21:27:00
Dompet Dhuafa Post Image
Share

SEMARANG -- Dompet Dhuafa kembali hadir mengajak masyarakat untuk berbuat kebaikan. Jika sebelumnya di Bulan Suci Ramadhan, Dompet Dhuafa mengajak masyarakat dengan jargon Jangan Takut Berzakat. Kali ini Dompet Dhuafa mengajak warga seluruh Indonesia untuk Jangan Takut Berkurban, melalui program Tebar Hewan Kurban (THK).

“Semangat (Jangan Takut Berkurban) kali ini membawa target capaian Kurban di kisaran angka 30.000 ekor hewan kurban dan pendistribusian dagingnya menjangkau daerah-daerah pelosok, marginal, terluar dan termasuk wilayah terdampak bencana seperti Palu, Lombok, Banten, Samarinda dan Konawe. Melalui pendekatan pemberdayaan peternak lokal yang mandiri dan sudah melewati tahapan seleksi, serta pendampingan oleh tim program Dompet Dhuafa. Tujuannya agar masyarakat yang lebih membutuhkan dapat merasakan lezatnya daging kurban di hari raya Idul Adha dan juga mengangkat keberdayaan peternak lokal,” ujar Yuli Pujihardi, selaku Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa, pakan lalu, saat menghadiri Halal Bi Halal Dompet Dhuafa bareng wartawan dan blogger.

Tebar Hewan Kurban ini juga disokong oleh salah satu program pemberdayaan Dompet Dhuafa yang bernama Kampoeng Ternak Nusantara sebagai sentra ternak. Bertujuan untuk meningkatkan produksi ternak lokal dan membantu peternak-peternak dhuafa. Sentra ternak tersebut tersebar di 9 provinsi, meliputi Riau (Siak), Banten (Serang), Jabar (Cianjur, Kab Bandung, Subang), Jogja (Kulonprogo), Jatim (Madiun, Situbondo), Jateng (Boyolali), Sulsel (Luwu Utara, Maros), dan NTT (Ronting), dengan melibatkan kurang lebih 50 Pekerja/Mustahik. Keberadaan sentra ternak tersebut telah menghasilkan ternak untuk kurban THK sebanyak 2.117 setara doka (domba kambing).

Melalui sentra ternak tersebut, juga memiliki tujuan sebagai pusat lokasi pemberdayaan dan pengembangbiakan hewan-hewan ternak yang berkesinambungan dengan program pemberdayaan ternak milik cabang-cabang Dompet Dhuafa. Sehingga melalui program tersebut, harapannya Kampoeng Ternak Nusantara dapat meningkatkan potensi bidang peternakan di daerah-daerah terpencil, marginal, terpinggirkan. Bahkan menjangkau ke wilayah yang sama sekali belum tersentuh. Mencoba menjamah dari hulu hingga ke hilir. Salah satu lokasi Kampung Ternak tersebut berada di Gedungan, Karangmalang, Mijen, Kota Semarang.

Kampung Ternak di Jawa Tengah sendiri sudah berdiri kurang lebih tiga tahun. Tepatnya sejak Maret 2017 lalu. Melalui kerja sama dengan Kelompok Tani Tunas Muda, mereka berternak Kambing Jawa.

“Di kampung sini memang banyak peternak kambing yang pandai merawat hewan-hewan ternaknya. Pemilihan ternak Kambing Jawa dikarenakan dari segi pemasaran lebih bagus ketimbang domba. Kalau di sini harga domba cukup miring,” ujar Nurhakim, selaku Ketua Kampoeng Ternak Jawa Tengah, pada Senin (24/6/2019) melalui pesan singkat.

Dengan total 16 peternak binaan Dompet Dhuafa Jawa Tengah, Kampung Ternak di sini sudah memiliki total tiga kandang kambing.

“Kita sudah memiliki ternak kambing yang berjumlah 85-90 ekor. Kita memberikan pakan yang bagus, memberi vitamin dengan memakai singkong dan juga nutrisi lainnya, supaya gemuk dan sehat. Walaupun harga singkong cukup tinggi,” lanjut Nurhakim.

Dengan demikian, mari dengan semangat Jangan Takut Berkurban, kita bersama sukseskan tebar 30.000 hewan kurban pada Idul Adha mendatang. Karena dengan menunaikan kebaikan melalui berdonasi kurban di Dompet Dhuafa dapat membantu meningkatkan taraf kehidupan peternak lokal dari segi ekonomis dan juga kualitas hewan-hewan ternak dalam negeri. (Dompet Dhuafa/Fajar)