hit counter code


Psikologi Positif sebagai Dasar Design Pembentukan Positive Group Support

Sosial, | Thu 06/2019 18:55:39
Dompet Dhuafa Post Image
Share

PALU, SULAWESI TENGAH -- Keterlibatan dalam komunitas positif akan mendorong anggota untuk memiliki kesadaran atas permasalahan yang dihadapi dan mengetahui kebutuhan. Sekaligus juga mengetahui bagaimana proses pemenuhan kebutuhan sebagai diri individu.

Pengalaman positif dengan komunitas memungkinkan individu merasa lebih terhubung dengan lingkungan mereka dan orang-orang di dalamnya. Terutama atas kejadian yang secara bersama-sama dialami. Bentuk koneksi tersebut juga menyediakan sistem pendukung bagi anggota ketika mereka membutuhkan dorongan atau simpati.

Maya Sita Darlina, selaku General Manager Human Capital Dompet Dhuafa sekaligus Inisiator PGS mengatakan, perasaan koneksi yang kuat dengan kelompok, juga bekerja untuk memerangi masalah. Seperti gangguan mental dari ringan maupun berat, stress atau apa pun yang dapat timbul dari keterasingan dalam bentuk kecemasan dan depresi.

“Karakter dampaknya berbeda-beda, pada anak-anak, remaja, lansia, bahkan pada perempuan. Itu akan berperanguh sekali terhadap perjalanan hidup kedepannya,” ujar Maya Sita.

Pengalaman komunitas yang positif dapat memberi para anggota rasa memiliki dan perasaan mampu mengekspresikan diri tanpa merasa dihakimi. Anggota merasa diterima apa adanya dan memperoleh dukungan positif. Sehingga mempercepat stabilisasi kondisi karena mudah memperoleh solusi.

“Adanya rasa memiliki dan dimiliki membuat anggota kelompok juga berperan dalam komunitasnya yang mendorong timbulnya perasaan positif dan berharga dalam dirinya masing-masing,” aku Maya Sita.

Komunitas yang unggul dalam mempromosikan rasa memiliki, mendorong anggota untuk berbicara tentang perasaan, pikiran, pendapat dan ide mereka. Pada gilirannya, menyebabkan anggota terdorong dan memfasilitasi refleksi diri untuk eksplorasi nilai-nilai inti mana yang dapat membantunya menerima dan memikirkan cara-cara penyelesaian atas kondisi yang sedang dihadapi. (Dompet Dhuafa/Maya Sita/Dhika Prabowo)