hit counter code


Jelajah Kurban Nusantara: Menilik Keasrian Budi Daya Ternak Kambing di Kota Santri (Bagian Empat)

Kurban, | Tue 07/2019 20:22:50
Dompet Dhuafa Post Image
Share

CIANJUR, JAWA BARAT -- Mitra Pendamping sekaligus Ketua Kelompok Tani dan Ternak, Ayi Rahmat (35), mengutamakan pada manfaat yang lebih tak ternilai dalam pengembangan pemberdayaan kelompok ternak Doka (Domba Kambing) Al-Ikhwan Desa Cikondang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur.

Melalui pemberdayaan ternak Doka dapat menghasilkan keberkahan. Mental masyarakat juga bukan bertujuan mengutamakan hasil pada uang. Tetapi agar produktif dan luas dalam penyebaran manfaat, khususnya ketika Hari Raya Idul Adha (kurban).

“Senyum penerima manfaat itu bagi kami berkah yang tidak ternilai. Kami juga berusaha membangun sistem lebih syar’i, agar terhindar dari akad bathil karena sistem gharor, dalam melakukan komitmen jual-beli atau kerjasama,” aku Ayi Rahmat.

Kelompok ternak Doka Al-Ikhwan berharap dapat menyerap kuota kurban dari Dompet Dhuafa sebanyak-banyaknya. Mereka ingin agar tebaran berkahnya lebih luas. Penjualan mereka di Cianjur juga bisa sampai 50 ekor. Bahkan pengiriman hingga Kota Bogor atau Bandung. (Dompet Dhuafa/Dhika Prabowo)