hit counter code


Dompet Dhuafa Jawa Tengah Buka Pos Sehat Di Tengah Pasar Tradisional

Kesehatan, | Tue 07/2019 20:33:07
Dompet Dhuafa Post Image
Share

KEBUMEN -- Dompet Dhuafa membuka cabang baru Pos Sehat di Kebumen, Jawa Tengah. Berlokasi di Desa Demangsari, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah, peresmian Pos Sehat dilaksanakan pada hari Senin (8/7/2019), dengan dihadiri oleh pemerintah setempat. Pos Sehat tersebut adalah hasil kolaborasi antara Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa dengan LAZ Al Hikmah Peduli Umat (LAZ AMPU). Dalam rangkaian peresmian Pos Sehat, ada juga pelayanan khitan massal sebanyak 23 anak dhuafa sekitar lokasi. Selain itu juga ada pemeriksaan kesehatan gratis dari Aksi Layanan Sehat (ALS) Dompet Dhuafa.

“Alhamdulilah telah diresmikan Pos Sehat, dilandasi semangat bersinergi antara laz lokal dengan LKC Dompet Dhuafa. Rangkaian launching pos sehat juga diiisi dengan khitan massal sebanyak 23 anak dhuafa dari sekitar pos sehat dan Aksi Layanan Sehat (ALS) bagi warga sekitar,” terang Direktur LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah, Titi Ngudiyati.

Pos Sehat Dompet Dhuafa tersebut terlihat unik. Tidak seperti biasanya, Pos Sehat kali ini hadir di tengah-tengah peradaban pasar tradisional. Menempati sebuah ruko di Pasar Tradisional Demangsari, membuat Pos Sehat menjadi lebih mudah diakses masyarakat. Selain menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat, pasar tradisional juga menjadi tempat strategis dalam menyosialisasikan progam kesehatan ke masyarakat.

“Pos Sehat berbasis komumitas pasar tradisional selama ini belum pernah ada. Jadi dengan semangat sinergi ini kami ingin mengembangkan potensi pasar tradisional sehat. Progam unggulan utama Pos Sehat Demangsari, adalah Pasar Sehat dan Hapus Tato Majelis Hijrah,” tambah Titi.

Selain itu, penempatan Pos Sehat di Desa Damangsari juga didasarkan pada kondisi kelompok rentan, seperti lansia di wilayah tersebut. Diharapkan melalui Pos Sehat, dapat mengembalikan fungsi Posyandu. Sehingga bisa mengayomi kesehatan warga lansia di sana. Pembinaan mengenai wawasan kesehatan lainnya juga menjadi fungsi Pos Sehat di Desa Damangsari. Berbagai kampanye kesehatan telah disiapkan untuk lebih lanjut disampaikan ke masyarakat.

“Secara umum kondisi kesehatan warga Demangsari baik. Namun kelompok rentan seperti lansia memang belum banyak intervensi program. Melalui pos sehat kita akan revitalisasi posyandu lansia yang sudah ada maupun menginisiasi posyandu lansia berbasis masjid. Selain itu, Pos Sehat tersebut juga fokus pada pembinaan terpadu pada komunitas masyarakat, terutamanya penyakit tidak menular (PTM),” tutup Titi. (Dompet Dhuafa/Zul)