hit counter code


Ajak Influencer Kelilingi Kampoeng Wisata Djampang

Zona Madina, | Tue 07/2019 21:00:33
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BOGOR -- Para influencer dari Bogor dan Jakarta mendatangi Zona Madina Dompet Dhuafa guna menjajal berkeliling ke Kampoeng Wisata Djampang, pada Senin (8/7/2019). Selain itu, mereka juga turut menyapa langsung dan berbagi keceriaan bersama para pasien Rumah Sakit Terpadu Dompet Dhuafa.

Sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan Zona Madina. Sebuah kawasan pemberdayaan umat terpadu yang dibangun di wilayah Parung Bogor di atas tanah seluas 8,5 Hektar oleh Dompet Dhuafa. Selain sebagai kawasan pemberdayaan, Zona Madina juga menghadirkan Kampoeng Wisata Djampang yang menyediakan berbagai zona wisata unggulan, seperti Zona Agrowisata, Zona Wisata Budaya, Zona Wisata Entrepreneur, serta Zona Wisata Sehat dan Cerdas.

Dipandu oleh Rini, 10 influencer bersama awak media lainnya berkeliling ke beberapa titik di kawasan Zona Madina. Dari titik kumpul, butuh sekitar 15 menit untuk sampai ke lokasi pertama menggunakan kereta tour.

“Tujuan pertama kita pagi ini adalah rumah industri tahu iwul. Nanti kita juga akan ke peternakan kambing Kampoeng Ternak Nusantara binaan Dompet Dhuafa,” ujar Rini, saat perjalan tour dimulai.

Di rumah industri iwul, para peserta tour diperkenankan untuk melihat dan menjajal secara langsung proses pembuatan tahu iwul. Selain itu, mereka juga dihidangkan produk matang tahu iwul masakan warga setempat.

Lokasi berikutnya adalah peternakan kambing nusantara. Sekitar 20 menit dari rumah industri tahu iwul menuju lokasi tersebut. Berbagai jenis kambing dan domba dapat ditemui di sana. Peserta tour juga diajak ke kandang memberi makan kambing-kambing yang akan dipersiapkan untuk kurban. Selain itu juga diajarkan bagaimana cara mengetahui hewan kurban yang sesuai dengan kriteria syariat islam.

Titik terakhir yaitu Rumah Sakit Terpadu (RST). Para peserta diperkenankan berinteraksi langsung kepada pasien. Sebagian dari mereka turut mengajak anak-anak pasien untuk bermain, menggambar, mewarnai, dan berbagi keceriaan lainnya. Di RST, Ihsan Tarore turut hadir berbagi keceriaan dan memberi semangat kepada keluarga pasien.

“Semoga kawan-kawan di RS RST Dompet Dhuafa tetap ceria. Yang sakit semoga lekas sembuh, juga senantiasa ditambah rejekinya,” tutur Ihsan.

Yasmine Yasir, pemilik akun @ysmnaziz, mengaku mendapatkan banyak ilmu dari perjalanan tour wisata tersebut. Selain banyak pelajaran yang didapatkan, ia juga merasa senang dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat dan pasien-pasien RST.

“Senang sekali dapat langsung berinteraksi dengan mereka. Banyak ilmu-ilmu baru juga di sini. Saya baru mengetahui proses pembuatan tahu itu sepertia apa dan uniknya tahu iwul ini diproses 100% secara alami. Bahkan limbahnya dijadikan biogas untuk bahan bakar kompornya,” ungkap Yasmin.

Namun sangat disayangkan tour kali ini terbatas oleh waktu. Hanya 3 lokasi yang dapat dikunjungi oleh Yasmin dan kawan-kawan. Meski demikian, mereka banyak melewati lokasi-lokasi lainnya meskipun tidak mengunjunginya.

“Mudah-mudahan pada kesempatan lainnya, kita dapat mengunjungi lebih banyak lagi,” ujar Najwa Assegaf, pemilik akun ig @najwaasegaf_. (Dompet Dhuafa/Muthohar)