hit counter code


Atasi Kemiskinan, Dompet Dhuafa Galakkan Semangat Gotong Royong di Jabar

Kesehatan, | Mon 04/2015 17:42:35
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BANDUNG—Kemiskinan masih menjadi masalah utama bangsa ini. Tidak hanya sekadar tekad yang kuat, namun diperlukan pula kolaborasi atau kerja sama seluruh elemen bangsa untuk mengatasinya.

Demikian ungkap Presiden Direktur Dompet Dhuafa, Ahmad Juwaini saat tasyakuran kantor baru Dompet Dhuafa Jawa Barat di bilangan Jalan Naripan, Sumur Bandung, Kota Bandung, Senin (27/4).

“Kemiskinan bisa diminimalisasi bila kita sama-sama berikhtiar secara maksimal untuk mengatasinya. Bukan hanya tugas pemerintah atau lembaga zakat saja, Ini tugas bersama. Tidak bisa kita selesaikan sendirian,” kata Ahmad.

Untuk itu, dalam kesempatan tasyakuran tersebut, Ahmad mengajak segenap masyarakat terutama di Bandung dan sekitarnya untuk bersama mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian.

“Apalagi kita tahu bahwa warga Jawa Barat terutama di Bandung memiliki semangat kerelawanan dan gotong royong yang tinggi. Ini dibuktikan saat perayaan 60 tahun Konferensi Asia Afrika kemarin,” terangnya.

Menyadari akan pentingnya semanagat kebersamaan, di tahun 2015 ini Dompet Dhuafa mengusung “Tumbuh Bersama” sebagai tema lembaga. Ahmad menerangkan Dompet Dhuafa selalu menghadirkan tema lembaga setiap tahunnya. Tema lembaga menjadi salah satu semangat kerja Dompet Dhuafa dalam menjalankan aktivitas-aktivtas pemberdayaan dan kemanusiaan.

Tema tersebut juga terinspirasi atas kiprah Dompet Dhuafa sebagai lembaga zakat selama lebih dari 21 tahun memberdayakan kaum dhuafa. Dalam aktivitas pemberdayaan tersebut, Dompet Dhuafa senantiasa menjunjung nilai kepedulian, berbagi, dan semangat kebersamaan.

Di Jawa Barat sendiri, Dompet Dhuafa telah menggulirkan berbagai program pengentasan kemisknan. Di bidang pendidikan, hadir beasiswa Etos untuk mahasiswa yang berasal dari golongan kurang mampu yang kuliah di beberapa perguruan tinggi di Bandung.

Sementara di bidang ekonomi antara lain program pemberdayaan pelaku usaha mikro,  peternak dan petani yang tersebar seperti di Sukabumi, Garut, Sumedang, Tasikmalaya, Ciamis, dan Cirebon.

“Kita berharap cabang Dompet Dhuafa Jawa Barat dengan semangat Tumbuh Bersama ini dapat semakin mengkreasi program-programnya untuk mengubah kaum dhuafa menjadi lebih baik. Memastikan agar dana yang disalurkan berdampak nyata, bukan sekadar tersampaikan,” pungkas Ahmad.