hit counter code


Kunjungi Zona Madina, Influencer Tilik Persiapan Hewan Kurban Dompet Dhuafa

Kurban, | Wed 07/2019 13:51:34
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BOGOR -- Dompet Dhuafa memiliki mitra ternak hewan kurban di berbagai wilayah, bahkan hampir di seluruh Indonesia melalui program ‘Ternak Kambing Nusantara’. Salah satu sentranya berada di Parung, Bogor, Jawa Barat. Peternakan tersebut masuk dalam kawasan Kampoeng Wisata D’Jampang yang dibangun Dompet Dhuafa melalui berkah dana zakat, infak, sedekah dan wakaf (Ziswaf) masyarakat Indonesia.

‘Ternak Kambing Nusantara’ merupakan program pengembangan peternakan berbasis pada peternakan rakyat/mustahik sebagai mitra ternak Dompet Dhuafa. Melalui mitra ternaknya tersebut, Dompet Dhuafa dapat melaksanakan program Tebar Hewan Kurban (THK) secara merata ke seluruh penjuru nusantara.

Inin, salah satu pemilik ternak mengungkapkan, sudah sejak 2012 dirinya beserta rekan-rekan sudah bermitra dengan Dompet Dhuafa.

“Kalau sebagai peternak sendiri saya memang dari dulu sudah beternak. Dari tahun 80-an saya sudah mulai beternak. Kemudian 2012 saya bersama kawan-kawan lainnya bermitra dengan Dompet Dhuafa,” ungkap Inin.

Saat itu bentuk kemitraan peternak Desa Jampang dengan Dompet Dhuafa berupa pembentukan komunitas ternak. Sebelumnya warga Desa Jampang memang sudah banyak yang beternak. Kemudian dikumpulkan menjadi satu komunitas ternak di bawah binaan Dompet Dhuafa.

Dompet Dhuafa membina para mitranya dengan memberi pengetahuan menyeluruh tentang ternak, macam dan jenis domba maupun kambing, perbedaan cara beternak tiap jenis kambing serta tingat penjualan masing-masing jenisnya. Dompet Dhuafa juga selalu membimbing supaya antar warga selalu harmonis dan gotong-royong antar sesama.

Perbedaan setelah bermitra dengan Dompet Dhuafa dirasakan oleh Inin dan rekan-rekan. Terutama dalam segi ekonomi, mereka mengaku mendapatkan nilai tambah dari hasil kemitraannya.

Saat kunjungan para influencer ke peternakan milik Inin, Senin (8/7/2019) lalu, terdapat 150 ekor kambing yang di-display Inin di kandangnya. Selain itu ada 40 ekor sapi lainnya. Inin mengatakan akan menyiapkan 400-500 kambing atau domba serta 50-60 ekor sapi untuk mencukupi target sebaran hewan kurban tahun ini. (Dompet Dhuafa/Muthohar)