hit counter code


Gelar Pengecekan Kesehatan Gratis untuk Peringati Hari Lanjut Usia Nasional

Kesehatan, | Wed 07/2019 16:26:36
Dompet Dhuafa Post Image
Share

SURABAYA -- Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) Provinsi Jawa Timur bersama Dompet Dhuafa Jawa Timur menggelar Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Gedung BK3S Jawa Timur, Tenggilis, Surabaya, pada Sabtu (13/7/2019).

Dalam peringatan tersebut, BK3S dan Dompet Dhuafa Jawa Timur mengadakan berbagai macam rangkaian kegiatan untuk para lansia. Kegiatan tersebut diantaranya Aksi Layanan Sehat, jalan sehat, senam untuk lansia dan lomba senam, yang mana bergulir dari dana zakat, infak, sedekah dan wakaf (Ziswaf) masyarakat Indonesia.

Dihadiri lebih dari 200 peserta lansia, acara tersebut terbilang meriah. Semangat dan antusias tiap peserta terlihat dari partisipasi mereka di setiap rangkaian acara. Tercatat sebagian besar peserta datang dari Surabaya. Namun tidak sedikit juga lansia dari Sidoarjo dan sekitarnya, berbondong mengikuti peringatan tersebut.

"Setahun sekali mas acara kayak gini, jadi harus semangat walau saya usia 63 tahun,” ujar Astuti, salah satu peserta.

Para lansia yang datang diberi layanan cek kesehatan gratis. Melalui layanan cek kesehatan tersebut diharapkan mereka dapat mengetahui kadar kesehatannya di usia mereka yang sudah lanjut. Dengan begitu, meski usia sudah lanjut, mereka tetap selalu memerhatikan kesehatan dan pola makannya. Mereka juga dihimbau agar selalu rutin melakukan cek kesehatan.

“Beberapa layanan kesehatan kami adakan di antaranya cek asam urat, cek gula darah dan tensi/tekanan darah. Semoga seluruh masyarakat ikut peduli dan aktif mengontrol kondisi kesehatanya,” ujar Miftahul Huda, Staff Program Kesehatan Dompet Dhuafa Jawa Timur.

Selain itu, untuk memeriahkan acara, para lansia diajak untuk mengikuti long march, start dari Gedung BK3S mengitari Jalan Raya Tenggilis dan finish kembali di Gedung BK3S. Sebagai hiburannya, panitia menyediakan Doorprize. (Dompet Dhuafa/Muthohar)