hit counter code


Tumbuh Bersama Dompet Dhuafa, Bantu Warga Korban Gempa Nepal

Kesehatan, | Wed 04/2015 13:34:54
Dompet Dhuafa Post Image
Share
Pemangan wilayah Kathmandu, Nepal, pasca gempa yang terjadi pada Sabtu (25/4) lalu. (foto:Dan Stone/National Geographic)

KATHMANDU- Dunia kembali tercengang, ketika gempa berkekuatan 7,8 Skala Richter mengguncang wilayah Kathmandu, Nepal pada Sabtu (25/4) lalu. Menurut pemberitaan di Kompas.com, Perdana Menteri Nepal, Sushil Koirala, menyatakan bahwa korban tewas hingga hari ini (28/4) telah bertambah menjadi 4.310 jiwa. Jumlah tersebut berpotensi meningkat apabila bantuan medis tidak segera datang.

Hingga saat ini, pemerintah Nepal sendiri masih mengalami kesulitan dalam memperoleh bantuan dari pihak lain.

Melihat duka nestapa yang tengah dialami, Dompet Dhuafa melalui Disaster Management Center (DMC), telah menerjunkan tim respons (gelombang I) yang terdiri dari 2 personil pada Senin (27/4) lalu.

Asep Beni, Komandan Tim Advance DMC menuturkan, tim mendarat di Kathmandu pada Selasa (28/4) kemarin. Ia menjelaskan, kawasan bandara sudah bisa disinggahi penerbangan sipil, meskipun masih banyak pesawat cargo bantuan.

Lebih lanjut ia menceritakan, sebagian listrik di Kota Kathmandu sudah mulai berfungsi, beberapa toko pun sudah mulai menampakkan aktivitas jual beli. Angkutan umum seperti taksi pun sudah mulai berlalu lalang. Meski demikian, masih banyak warga yang masih memilih tidur di tenda-tenda dengan menggunakan terpal dan alas.

“Mereka tidur di tenda karena masih takut terjadi gempa susulan,” ujarnya pada Selasa malam (28/4), melalui pesan WhatsApp.

Rencananya tim medis (gelombang II) pun segera terjun, agar bantuan secepat mungkin mampu disalurkan, bagi mereka para korban bencana gempa Nepal.

“Untuk bantuan, kita masih koordinasi dengan tim di Nepal, kira-kira kebutuhan apa saja yang dibutuhkan,” pungkasnya. (uyang)

 

Mereka, saudara-saudara kita tengah dirundung duka membutuhkan uluran tangan kita. Mari, wujudkan kepedulian Anda untuk ikut berpartisipasi, membantu saudara kita di Nepal dengan berdonasi melalui rekening:

Bank Syariah Mandiri :7.030.579.946

Atas nama Yayasan Dompet Dhuafa Republika

Atau donasi online melalui : http://donasi.dompetdhuafa.org

Informasi lebih lanjut:

Hubungi : (021) 741-6050