hit counter code


Blusukan Ke Pulau Garam, Hadirkan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Kesehatan, | Tue 08/2019 14:40:13
Dompet Dhuafa Post Image
Share

MADURA -- Kesehatan menjadi salah satu faktor berharga bagi kehidupan manusia. Tubuh yang sehat sanggup meringankan setiap orang dalam melakukan bermacam pekerjaan dan kesibukan. Namun belum semua masyarakat di negeri ini dapat dengan mudah memeriksakan kondisi kesehatannya. Masih jauhnya akses, tentu menjadi kendala atau bahkan sebagai alasan seseorang mengurungkan untuk memeriksakan kondisi kesehatannya.

Untuk menghadirkan sehat milik semua, kali ini Dompet Dhuafa cabang Jawa Timur, blusukan untuk menggerlar Aksi Layanan Sehat (ALS). Pulau Madura, menjadi sasaran dari kegiatan tersebut, pada akhir Juli lalu.

"Kegiatan ALS rutin setiap bulan kami gelar. Kali ini menyasar Pulau Madura, tepatnya di Desa Gingging, Kecamatan Bluto, Kabuten Sumenep, Madura. Alhamdulillah tercatat sekitar 218 masyarakat, antusias memeriksakan kesehatannya baik itu lansia, ibu-ibu maupun bapak-bapak. Mereka berbondong-bondong datang ke Balai Desa Gingging, demi memeriksakan kesehatannya secara gratis," jelas Kholid Abdillah, selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur, melalui pesan singkat.

Wilayah tersebut terpilih menjadi lokasi ALS lantaran akses masyarakat ke pusat kesehatan masyarakat terbilang jauh. Untuk memeriksakan kesehatan, warga Desa Gingging, harus menempuh perjalanan sekitar 10 Kilometer. Bukan jarak yang pendek, mengingat tidak semua masyarakat memiliki akses kendaraan untuk kesana.

"Kami mengucapkan kasih kepada donatur dan tim Dompet Dhuafa. Karena mereka telah sudi megadakan pemeriksaan kesehatan secara gratis di desa kami. Akses masyarakat di sini untuk ke Puskesmas lumayan jauh, yaitu sekitar 10 Kilometer dari desa. Dengan kondisi tersebut, masyarakat banyak yang malas pergi ke puskesmas," ujar Habibi, selaku kepala desa. (Dompet Dhuafa/Taufan YN/Jatim)