hit counter code


Rekap Respon Dompet Dhuafa Pasca Gempa Sumur, Titik Sebaran THK 2019 Meluas

Kebencanaan, | Tue 08/2019 21:55:59
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BANTEN -- Pasca gempa berkekuatan 6,9 SR pada pukul 19:03 WIB, Jumat (2/8/2019) lalu. Dompet Dhuafa langsung menurunkan Tim Disaster Management Center (DMC) ke lokasi terdampak yakni di Sumur, Pandeglang, Banten pada Sabtu (3/8/2019) dini hari. Di tanggal yang sama sekitar selang beberapa jam setelah gempa (2/8/2019) Tim Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Banten, yang lokasinya berdekatan langsung menyisir lokasi terdampak, sekaligus untuk melihat kondisi terkini sambil membagikan bantuan logistik berupa makanan, minuman, obat-obatan ringan, dan selimut di Kampung Kopi, Desa Kertajaya, Pandeglang. Lokasi tersebut juga dibuka Pos Respon Dompet Dhuafa.

Di hari selanjutnya, berdasarkan pantauan tim, wilayah Kecamatan Mandalawangi menjadi lokasi yang mengalami keruskan terparah. Desa yang mengalami dampak kerusakan parah meliputi Sinar Jaya, Panjang Jaya, Cikumbuen, Pari, Renda, Curug Lemo dan Kurung Kambing.

Setelah mengetahui kondisi terkini, Dompet Dhuafa masih terus melakukan respon berupa penyaluran logistik, Layanan Darling (Dapur Keliling), dan Psychological First Aid (PFA), pada Minggu (4/8/2019). Titik persebaran respon tersebut di Desa Panjang Jaya, Kecamatan Mandalawangi, Pandeglang, Banten yang meliputi Kampung Ciberem, Kadu Dangder, Situ Garu, Pasir Kaweni dan Karoya.

Kemudian di hari Senin (5/8/2019), Dompet Dhuafa sudah mulai menarik tim kembali dari lokasi terdampak. Mengingat kondisi sudah mulai kondusif. Perekonomian masyarakat pesisir pantai di Sumur, juga sudah berjalan normal. Nelayan sudah mulai melaut hingga berdagang di pasar, termasuk aktivitas belajar mengajar sekolah dan anak-anak sudah kembali bermain.

“Kami dan tim langsung bergerak untuk respon ke lokasi, membagikan selimut, makanan ringan dan kelambu untuk warga yang rumahnya roboh karena gempa kemarin. Alhamdulillah tidak ada korban. Insyaa Allah situasi dan kondisi sudah kondusif dan normal kembali. Beraktivitas seperti biasa,” ujar Gun Gun Candra, selaku Koordinator Tim Respon Dompet Dhuafa Banten, melalui pesan singkat pada Senin (5/8/2019).

Rencananya lokasi terdampak gempa akan menjadi salah satu titik distribusi dari program Tebar Hewan Kurban (THK) 2019. Sebagai bentuk pemulihan teruntuk penyintas-penyintas di Banten. (Dompet Dhuafa/Fajar)