hit counter code


Jelajah Kurban: Warga Sigi Bahagia Terima Daging Kurban Pertama Kali

Kurban, | Mon 08/2019 23:40:18
Dompet Dhuafa Post Image
Share

Sigi - Dompet Dhuafa menerjunkan tim khusus untuk menyalurkan hewan kurban di wilayah Palu Sigi Dongala (Pasigala). Merupakan THK pertama di wilayah Pasigala dimana ini adalah wilayah terdampak bencana hampir setahun lalu.

Karena pertama kali, belum ada mitra peternak yang terbentuk. Namun Dompet Dhuafa tetap mempertahankan prinsip pemberdayaan. Dompet Dhuafa membeli hewan kurban dari sapi-sapi warga sebagai bagian untuk memberdayakan ekonomi masyarakat paska bencana yang menimpa mereka beberapa waktu lalu. 

Ekonomi pun berputar di wilayah terdampak gempa dan liquifaksi. Momen Idhul Adha pun menjadi titik tolak peningkatan nasib para warga yang menjadi korban gempa tsunami dan liquifaksi. 

Terjualnya hewan ternak mereka oleh Dompet Dhuafa, menjadi berkah tersendiri, setelah ditimpa musibah bencana alam. Kebahagiaan terpancar jelas dari wajah mereka saat mengetahui bahwa mereka dilibatkan sebagai mitra dalam pelaksanaan Idul Kurban tahun 2019 ini.

Walau bukan mitra peternak, kualitas sapi tetap dijaga ketat. Sebelum sapi dibeli, kesehatan dan bobot hewan tetap diukur, agar hewan kurban sesuai dengan standard yang telah ditentukan, baik secara syariah maupun standard bobot. 

Rencana, sapi-sapi tersebut akan disebar di beberapa titik di wilayah Pasigala. Warga penyintas gempa, tsunami, dan liquifaksi menjadi prioritas utama THK Pasigala tahun ini. (Dompet Dhuafa / Zul)