hit counter code


Jelajah Kurban: Sentra Ternak Situbondo Distribusikan Hewan Kurban Hingga Ke Bali

Kurban, | Mon 08/2019 23:49:53
Dompet Dhuafa Post Image
Share

Situbondo, Jawa Timur -- Sejak tahun 1994, Dompet Dhuafa terus menebar kebaikan melalui program-programnya. Termasuk Tebar Hewan Kurban (THK). Tahun 2019 ini setidaknya ada 70 peternak yang telah bermitra dengan Dompet Dhuafa, demikian menurut keterangan Kamaludin selaku Manajer Divisi Ekonomi Dompet Dhuafa. 

Salah satu mitra THK Dompet Dhuafa yang ada di Jawa Timur adalah Pak Artijo (40), warga Madura yang menetap di Desa Awar-awar, Kecamatan Asembagus, Situbondo. Ia tergabung dalam kelompok ternak Kembeng Makmur, pemberdayaan masyarakat oleh Dompet Dhuafa Jatim, bersama lima teman peternak lainnya. Menurutnya sejak ia bermitra dengan Dompet Dhuafa, perkembangan peternakannya meningkat sangat tinggi. 

"Saya mulai bermitra dengan Dompet Dhuafa itu pada tahun 2011. Saat itu saya hanya memiliki 50 ekor domba. Itu pun penjualannya sangat susah. Satu tahun berikutnya saya bisa memiliki ternak 100 domba. Selama satu tahun itu penjualan juga hingga ratusan ekor. Apalagi pas THK kayak gini", ujar Artijo. 

Sejak tahun 2005 Artijo sudah mulai berternak. Namun menurut pengakuannya susah untuk mengembangkan ternaknya. Bermula dari hanya tiga ekor domba, kemudian bertambah menjadi lima ekor di tahun berikutnya hingga 50 ekor pada tahun 2011. Setelah itu peternakan Artijo dibimbing dan didampingi oleh Dompet Dhuafa sebagai mitranya. Berkembanglah jumlah ternaknya hingga mencapai penjualan 165 ekor dalam setahun. Kini terdapat 645 ekor di kandangnya, belum termasuk yang sudah dikirim untuk THK. 

"Sekarang ada 645 ekor. Saya bagi jadi dua kandang. Karena di kandang yang pertama tidak muat. Jadi ya dibikin kandang baru satu lagi", terang Artijo. 

Tahun ini (THK 2019), Ternak Kembeng Makmur menyebarkan 640 ekor domba ke beberapa daerah untuk THK Dompet Dhuafa. 100 ekor di kirim ke Pulau Sapudi, Madura. 50 ekor dikirim ke Bondowoso. 100 ekor ke Banyuwangi, dan 175 ekor diangkut ke Bali. Kemudian sisanya sebanyak 215 ekor untuk ditebar di wilayah Situbondo dan sekitarnya. 

"ini kami sedang mempersiapkan dua truk untuk mengangkut 175 ekor ke Bali. Yang ini 100 ekor. Yang ini 75 ekor. Sama nanti ada juga yang dibawa ke sekitaran Situbondo sini" , tutup Artijo sambil menunjukkan persiapan timnya. (Dompet Dhuafa/Muthohar)