hit counter code


Jelajah Kurban: Menebar Cinta dan Kebaikan hingga ke Pelosok Kawasan Zona Madina

Kurban, | Tue 08/2019 00:20:40
Dompet Dhuafa Post Image
Share

PARUNG, BOGOR – Ikut serta membagikan Daging kurban kepada kaum dhuafa yang berada di sekitar merupakan suatu nilai yang tidak terkira. Hal tersebut yang dirasakan oleh para Mojang Jajaka Bogor serta Influencer yang menjadi salah satu pekurban melalui Dompet Dhuafa yaitu Hamidah Rachmayanti bersama keluarga yang melihat langsung pemotongan hewan kurban yang didonasikan melalui Dompet Dhuafa. Pada Idul Adha 1440 H, Dompet Dhuafa mengajak Mojang Jajaka dari Bogor bersama Influencer membagikan daging kurban kepada penerima manfaat yang berada di sekitar Zona Madinah, Parung, Bogor. Minggu (11/08). 

“Hari ini kita bagikan daging kurban dari Dompet Dhuafa, alhamdulilah ini sebagai cerminan untuk kita semua. Kami sangat bersyukur dapat terjun langsung untuk membagikan daging kurban kepada masyarakat yang ada di sekitar Zona Madina,’’ ucap Hamidah Influencer yang hadir. 

Kegiatan Tebar Hewan Kurban (THK) dibuka oleh Direktur Zona Madina, Yuli Pujihardi, dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada donatur yang telah mempercayakan Dompet Dhuafa dalam mengelola dan mendistribusikan hewan kurban ke pelosok negeri. Satu demi satu, hewan kurban disembelih, kemudian dibersihkan dan didistribusikan ke 930 penerima manfaat di Kawasan Zona Madina, yang terdiri dari empat Kecamatan: Kemang, Parung, Ciseeng dan Tajur Halang. Lokasi distribusi ditujukan ke daerah-daerah terpinggir. 

Zona Madina menyembelih hewan kurban berupa kambing dan domba premium sebanyak 62 ekor. Dalam distribusi hewan kurban, Dompet Dhuafa telah menerapkan eco green, artinya Dompet Dhuafa menggunakan bahan alami berupa besek bambu sebagai wadah daging kurban. Dengan dilapisi daun pisang, membuat daging menjadi lebih segar dan tidak terkontaminasi dengan racun yang ada pada plastik. 

Menurut Yuli Pujihardi selaku Direktur Zona Madina dalam sambutan, "di Kawasan Zona Madina, masih banyak sekali ditemukan pohon bambu. Untuk itu, penggunaan besek sebagai media kemasan daging hewan kurban bukan hanya menjadi sehat, tetapi juga membuat usaha ekonomi masyarakat kecil menjadi bertumbuh. Dompet Dhuafa mendorong terjadinya perputaran siklus ekonomi masyarakat jauh lebih baik sekaligus membantu pemerintah dalam mengurangi limbah plastik." 

Influencer dan Mojang Jajaka Bogor yang hadir dalam acara ini sangat antusias. Mereka merasa tertarik untuk turut serta menyebarkan semangat berkurban kepada masyarakat. Dompet Dhuafa setiap tahunnya membagikan hewan kurban Idul Adha ke seluruh provinsi di Indonesia. Penyaluran hewan kurban akan diberikan kepada masyarakat di daerah-daerah terpencil, terbelakang, dan orang-orang yang tinggal di daerah bencana alam. (Dompet Dhuafa/Fatzry)