hit counter code


Jelajah Kurban: Tempuh Medan Offroad Di Rakhine State

Kurban, | Tue 08/2019 00:40:47
Dompet Dhuafa Post Image
Share

SITTWE, MYANMAR -- Setelah menempuh perjalanan sekitar 497 Kilometer, akhirnya tim distribusi Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa, tiba di Rakhine State, Sittwe Township Myanmar. Dengan kapal udara, pada Minggu (11/8/2019), tim THK Dompet Dhuafa bergegas meninjau lokasi pelaksanaan kurban di Rakhine State yang akan berlangsung pada esok hari. Hal tersebut merujuk pada keputusan Ulama Islamic Organization Republik Uni Myanmar, yang menetapkan bahwa tanggal 10 Dzulhijjah 1440H, jatuh pada Senin (12/8/2019) esok. 

Selain meninjau lokasi pelaksanaan kurban, tim Dompet Dhuafa juga melakukan pengecekan hewan-hewan kurban, yang kali ini adalah 20 ekor sapi. Kesemuanya secara garis besar sudah siap, tinggal pelaksanaan esok hari saja. 

"Alhamdulillah siang tadi (Minggu, 11/8/2019) kami tiba di Rakhine State, Sittwe Township, Myanmar, untuk mendistribusikan hewan kurban kepada saudara muslim Rohingya di sini. Kemudian kami langsung menuju desa-desa tujuan distribusi dan melakukan pengecekan sapi," jelas Abdul Azis, selaku tim pengawal distribusi THK Dompet Dhuafa untuk Rohingya. 

Dengan melalui medan terjal dan berlumpur, tim tiba di titik terdekat dari lokasi tersebut. Kemudian, jalan kaki menjadi satu-satunya upaya untuk menuju lokasi kurban di Rakhine State. Musim penghujan semakin memperparah akses menuju kampung-kampung muslim etnis Rohingya di Rakhine State, Sittwe Township. Selain memang pemerintah mengesampingkan pembangunan akses di kampung-kampung muslim. Jangan bayangkan jalanan mulus, untuk keluar masuk kampung saja, mereka sangat terbatas dengan akses dan aturan ketat dari pemerintah setempat.

"Luar biasa akses untuk menuju kampung-kampung muslim tujuan kami di sini. Aksesnya memprihatinkan sekali. Jalanannya masih dari tanah dan di sini sedang musim penghujan. Suasana pun serasa sedang melakukan offroad," tambah Azis. 

Ia pun juga berharap, semoga esok tak turun hujan agar akses menuju lokasi lebih mudah, dan diberikan kelancaran dalam mengantarkan berkah dari masyarakat Indonesia untuk Rohingya. (Dompet Dhuafa/Taufan YN)