hit counter code


Jelajah Kurban: Masyarakat Indonesia Gelontorkan 56 Sapi Kurban untuk Muslim Rohingya

Kurban, | Fri 08/2019 21:15:39
Dompet Dhuafa Post Image
Share

SITTWE, MYANMAR -- Suka-cita Iduladha terus bersemi bagi muslim Rohingya di Sittwe Township, Rakhine State, Myanmar. Pasalnya, di musim penghujan, masyarakat Rohingya kembali mendapat kesejukan dari masyarakat Indonesia dalam wujud hewan kurban. Kali ini, masyarakat Indonesia mengamanahkan 56 ekor sapi melalui Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa, untuk saudara-saudara muslim Rohingya di Sittwe, Myanmar. Secara bertahap, penyembelihan ke-56 sapi kurban bergulir sejak pelaksanaan Shalat Iduladha di Myanmar yang jatuh pada Senin (12/8/2019), hingga hari tasyrik usai. 

Untuk menyalurkan amanah 56 ekor sapi dari para donatur dan pekurban, tim distribusi THK Dompet Dhuafa harus menerabas jalan terjal dan berlumpur. Mengingat di setiap desa yang menjadi domisili masyarakat muslim Rohingya, jelas tak memiliki infrastruktur yang memadai. Jangan membayangkan jalanan beraspal saat memasuki kampung-kampung tersebut. Ambil saja satu contoh, yaitu di Desa Hla Mashay, mobil pengantar tim Dompet Dhuafa tak dapat menjangkau lebih dekat lokasi penyembelihan kurban yang berada di masjid desa tersebut. Mengingat jembatan yang putus dan jalanan berlumpur selepas hujan mengguyur. Jalan kaki sekitar satu Kilometer, menjadi satu-satunya pilihan menuju kesana.

Namun, perjalanan di medan terjal dan berlumpur, serta harus ditambah berjalan kaki, terbayar atas sambutan masyarakat dengan hadirnya berkah THK tahun ini. Masyarakat di setiap desa yang menjadi lokasi pendistribusian hewan kurban, antusias dan gembira dengan adanya berkah daging kurban di hari raya. Mengingat ini adalah momen mereka dapat menikmati santapan makan yang lezat dengan daging merah penuh berkah. Sekaligus juga menjadi perbaikan gizi bagi mereka.

"Senang melihat masyarakat berbondong-bondong ke masjid dan mengantri daging kurban dengan senyum yang merekah. Melihat itu, sekejap capek dalam perjalanan untuk menembus desa-desa mereka luruh berganti suntikan energi penyemangat. Itulah medan yang kami hadapi, namun senyum dan kebahagiaan mereka, saudara kita muslim Rohingya, lebih berarti," ungkap Abdul Azis, selaku tim distribusi THK Dompet Dhuafa untuk muslim Rohingya di Myanmar.

Azis pun menambahkan bahwa ini baru petualangan hari pertama pendistribusian. Masih ada hari tasyrik untuk menebar berkah kurban masyarakat Indonesia di desa-desa lainnya. (Dompet Dhuafa/Taufan YN)