hit counter code


Berdayakan Orang Tua, Demi Optimalkan Gizi ASI

Kesehatan, | Fri 08/2019 16:05:37
Dompet Dhuafa Post Image
Share

TANGERANG -- Pekan ASI (Air Susu Ibu) Sedunia atau yang biasa dikenal dengan World Breastfeeding Week merupakan perhelatan untuk mengoptimalkan kesehatan gizi dan juga kesehatan ibu beserta anaknya. Tahun ini Pekan ASI Sedunia Internasional mengusung tema “Empower Parents Enable Breastfeeding,” sedangkan untuk di Indonesia mengangkat konsep “Ayah dan Ibu Kunci Keberhasilan Menyusui,” dengan slogan “Ayo Dukung Ibu Sukses Menyusui”.

Dompet Dhuafa, melalui Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Banten, juga merayakan Pekan ASI Sedunia dengan mengadakan penyuluhan bertajuk “Berdayakan Orang Tua untuk Bisa Menyusui,” di Pos Sehat, Nurul Falah, Tangerang, Kamis (22/8/2019) lalu.

“Kebetulan Pekan ASI Sedunia jatuh di bulan Agustus. Sehingga perlu rasanya memeriahkannya dengan mengadakan penyuluhan tentang ASI,” ujar Lini Gumilah, selaku Pemateri yang juga Bidan dari LKC Dompet Dhuafa Banten.

Kegiatan kali ini diikuti 27 peserta dan 10 kader dari Pos Sehat Nurul Falah. Kegiatan tersebut diadakan serentak di seluruh Pos Sehat LKC Dompet Dhuafa.

Salah satu pesan penting terkait ASI ialah perlunya persiapan menyusui dimulai dari kehamilan dan peran suami, ibu bapak serta mertua. Juga memperhatikan pola makan dengan makanan sehat yang bergizi dan halal.

“Merasa senang karena sudah bisa berbagi ilmu penting dengan masyarakat sekitaran Pos Sehat Nurul Falah. Tips sukses menyusui: (1) selama kehamilan cari informASI tentang ASI pilih sumber lembaga resmi seperti Kemenkes dan WHO; (2) makan makanan bergizi dan halal serta perhatikan asupan cairan; (3) sempatkan melakukan konseling menyusui dengan konselor menyusui tersertifikasi,” tutup Lini. (Dompet Dhuafa/Fajar)