hit counter code


Penerima Manfaat Baktinusa Siapkan 300 Pemimpin Muda Berintegritas

Pendidikan, | Mon 09/2019 21:22:42
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BOGOR -- Penerima manfaat beasiswa BAKTINUSA Dompet Dhuafa menggelar rangkaian program kaderisasi pemimpin muda strategis berintegritas, guna mewujudkan Indonesia berdaya yang dikemas dalam program ‘YOULEAD’, salah satunya adalah ‘Regional Leadership Training’ yang diselenggarakan di Kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa, Bogor, selama 3 hari, Jum’at-Minggu (30/8/2019 - 1/9/2019),

YOULEAD atau Young Leaders adalah program pengembangan kepemimpinan yang ditujukan kepada aktivis mahasiswa untuk membentuk pemimpin muda dengan profil integritas yang kuat dan memiliki peran strategis dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Tujuannya guna mewujudkan Indonesia yang berdaya. Demikian menurut pemaparan Wigin Aji Pratama, selaku ketua pelaksana.

Lebih lanjut Wigin menjelaskan dengan program tersebut para peserta yang merupakan perwakilan dari 27 kampus terdepan diharapkan mampu membangun profil kepemimpinan mudanya di masa depan. Tentunya kepemimpinan dengan jiwa integritas dan mampu mengambil peran-peran strategis baik di kampus, komunitas, maupun masyarakat untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa.

Selain dilaksanakan di Bogor, minggu sebelumnya Regional Leadership Training (RLT) juga telah selesai bergulir di Solo, Jawa Tengah. Demikian luasnya cakupan peserta dari berbagai daerah, kegiatan tersebut bergulir di dua tempat.

“Karena luasnya cakupan peserta di berbagai daerah, kami bagi di dua tempat. Minggu lalu di regional Solo, dan sekarang di Bogor. Total pesertanya 300-an. Untuk rangkaian acara yang di Solo, secara garis besar sama seperti yang di Bogor. Karena memang masih dalam rangkaian satu program. Hanya berbeda tempat, supaya lebih efektif,” ujar penerima manfaat Bakti Nusa 9 tersebut.

Wigin juga menyebutkan RLT baru pertama kalinya diadakan. Namun akan menjadi program berkelanjutan dan dilaksanakan kembali pada tahun-tahun berikutnya. Karena RLT sebagai pelatihan kepemimpinan yang berkualitas dan benar-benar mampu mencetak pemimpin berintegritas, meskipun dalam pelaksanaannya tanpa memungut biaya dari peserta, alias gratis.

“Kami berharap setelah selesai mengikuti RLT, kawan-kawan memiliki jaringan yang lebih luas lagi dan punya integritas tinggi. Untuk kongkritnya setelah acara ini masing-masing peserta dihimbau membuat suatu program sosial project di daerahnya masing-masing. Minimal untuk orang-orang sekitarnya,” tutup Wigin. (Dompet Dhuafa/Muthohar)