hit counter code


Antar Kepulangan Satu Korban Laka Cipularang yang Tinggalkan Satu Istri dan Lima Anak

Sosial, | Tue 09/2019 13:48:12
Dompet Dhuafa Post Image
Share

PURWAKARTA -- Kecelakaan beruntun terjadi di ruas tol Perbaleunyi kilometer 92 arah Jakarta, pada Senin (2/9/2019) siang. Sekitar pukul 12.30, sebanyak 21 unit kendaraan terlibat kecelakaan maut. Delapan orang dinyatakan meninggal dunia akibat kecelekaan tersebut. Korban luka dan jenazah dibawa ke rumah sakit terdekat yang berada di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Dompet Dhuafa bergerak cepat untuk merespon kejadian tersebut. Tim Badan Pemulasaran Jenazah (Barzah) diterjunkan untuk membantu memulangkan jenazah ke rumah duka. Tim yang sebelumnya memberikan pelayanan di Yogyakarta, langsung bergegas menuju Rumah Sakit Thamrin Purwakarta. Tim Barzah ikut membantu pengantaran jenazah, juga dengan pendataan keluarga korban.

“Pukul 21.45 wib tim Barzah mendarat di RS Thamrin Purwakarta, setelah memberikan layanan dari Gunung Kidul Yogyakarta dan bergabung dengan tim Barzah lainnya,” terang Madroi, selaku Manajer Program Barzah Dompet Dhuafa melalui pesan singkat kepada jurnalis Dompet Dhuafa.

Salah satu diantara jenzah yang diantar ialah almarhum Dedy Hidayat (45). Dedy merupakan korban kecelekaan dari dumtruck yang terguling. Pada Selasa dini hari, tim Barzah mengantar jenzah sopir dumtruck tersebut hingga ke rumah duka di Jl. Kalisong, Kelurahan Bulak, Kecamatan Kandang Haur, Kabupaten Indramayu.

Almarhum Dedy sendiri meninggalkan satu istri dan lima anak yang masih belia. Selain mengantar jenazah, tim Barzah juga melakukan pendataan keluarga korban untuk setelahnya dilakukan bantuan lanjutan.

“Intervensi sejauh ini adalah pengantaran jenazah ke keluarga masing-masing. Kami juga melakukan pendataan bagi keluarga duka yang kita antar, terkait bantuan kemanusiaan lanjutan yang akan diberikan melalui Lembaga Pelayanan Masyarakat (LPM),” tambah Madroi.

Kebutuhan akan mobil jenazah maupun ambulance bagi masyarakat kecil sangatlah penting. Dengan keterbatasan biaya, masyarakat kecil yang tengah dalam kondisi kesusahan maupun duka, tak jarang membutuhkan layanan ambulance atau mobil jenazah. Acap kali mereka kebingungan dengan biaya operasional akan layanan tersebut. Untuk memperluas manfaat dari program layanan jenazah gratis, Dompet Dhuafa mengajak masyarakat Indonesia, untuk patungan mobil jenazah gratis bersama Dompet Dhuafa melalui donasi.dompetdhuafa.org/mobiljenazahgratis/. (Dompet Dhuafa/Zul)