hit counter code


Respon Kekeringan, Dompet Dhuafa Jawa Tengah Salurkan 12.000 Liter Air Bersih

Lingkungan, | Tue 09/2019 14:23:51
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BANYUMAS -- Tim Dompet Dhuafa Jawa Tengah mendapatkan tugas menyalurkan air bersih ke beberapa wilayah di Pulau Jawa yang terkena kekeringan. Salah satunya Kabupaten Banyumas. Sepanjang perjalanan menuju Dusun Wanarata, Desa Kalipaten, Kecamatan Purwojati, Kabupaten Banyumas terlihat gersang. Tanah-tanah Nampak kering pucat. Pepohonan yang ada hanya tinggal batang dan ranting, tidak ada dedaunan hijau seperti biasanya.

Beberapa wilayah di Banyumas dan sekitarnya tengah dilanda kekeringan. Sumber air yang biasa mereka pakai, kini mongering. Warga hanya bisa menunggu kehadiran bantuan air bersih dari pemerintah atau lembaga dan masyarakat lainnya. Kehadiran air bersih juga tidak tentu datangnya, bisa 5-8 hari, baru air bersih datang lagi.

“Kadang-kadang lima hari, kadang tujuh hari, kadang juga delapan hari. Kemarin pas ulang tahun (17 Agustus) bahkan sampai 15 hari baru ada air lagi,” terang salah satu warga kepada tim Dompet Dhufa Jawa Tengah.

Tim Dompet Dhuafa Jawa Tengah bergerak cepat untuk mengantarkan air bersih ke beberapa titik yang membutuhkan. Salah satunya di Dusun Wanarata. Sebanyak 12.000 liter dibagikan kepada 621 Kepala Keluarga atau sekitar 2.000 jiwa. Setiap Kepala Keluarga hanya mendapat jatah sekitar 4-5 ember. Jumlah tersebut mereka pakai minimal dalam jangka waktu lima hari, hingga bantuan air selanjutnya datang. Medan penyaluran yang berat juga menjadi salah satu kendala pendistribusian air bersih. Keterbatasan transportasi juga menjadi faktor penghambat.

“Setiap warga yang didapat terbatas hanya 4 ember per Kepala Keluarga, setiap kali ada bantuan. Kendala yang dihadapi medan yang naik dan jalan yang rusak, truk tangki BPBD yang terbatas dan persewaan tangki swasta yang minim. Sehingga tim mengunakan truk terbuka dengan satu kali distribusi 3.000 Liter,” terang Titi Ngudiati, selaku Direktur Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Jawa Tengah.

Penyaluran bantuan air pun dilakukan tim hingga larut malam. Kehadiran air bersih yang sangat dibutuhkan warga menjadi motivasi tim untuk tidak menunda penyaluran. Selain di Banyumas, Jawa Tengah, Dompet Dhuafa juga menyalurkan bantuan air bersih ke beberapa wilayah, seperti Yogyakarta, Bandung, kawasan Jawa Timur, Banten dan daerah lain di luar Pulau Jawa yang terdampak kekeringan. (Dompet Dhuafa/Zul)