hit counter code


Tabligh Akbar dan Hapus Tatto Meriahkan Gebyar Muharam 1441H Di Lapas Nusa Kambangan

Dakwah, | Fri 09/2019 18:05:49
Dompet Dhuafa Post Image
Share

NUSA KAMBANGAN -- Pagi itu, Rabu (4/9/2019), Masjid Al-Ikhlas yang berada di dalam Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Kembang Kuning - Nusa Kambangan, Cilacap, Jawa Tengah, dipenuhi ratusan warga binaan. Di Nusa Kambangan, Dompet Dhuafa memeringati Muharram dalam rangka semarak Tahun Baru Islam yang jatuh pada 1 September 2019.

“Momentum luar biasa Dompet Dhuafa dapat berbagi, sinergi dan menyerukan kebaikan hijrah di sebuah LP khusus Indonesia, Nusa Kambangan. Kali ini, melalui program Bina Santri Lapas organ LPM (Lembaga Pelayan Masyarakat), Dompet Dhuafa menggelar Tabligh Akbar Muharram 1441 H bertajuk Hijrah Menuju Kebaikan,” aku Ustadz Ahmad Shonhaji, Direktur Dakwah dan Layanan Masyarakat (DLM) Dompet Dhuafa.

Ustadz Ahmad Shonhaji berbagi tausiyah nan ringan dengan sisipan tawa, namun tetap dalam renungan penuh makna. Dengan memeringati Tahun Baru Islam, menjadi salah satu momentum bersejarah. Karena hal tersebut sejatinya mengingatkan kita bahwa tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Manusia tidak terlepas dari dosa. Namun Allah Maha Rahman dan Rahim, senantiasa menerima taubat hamba-Nya. Hijrah dapat dimulai dengan yang paling mudah, yaitu hijrah lisan, berdzikir mengingat Allah,” papar Ustadz Ahmad Shonhaji.

Selain menyemarakan Muharam, program dan kegiatan kali ini juga ditujukan untuk memfasilitasi warga binaan yang berikhtiar dalam kebaikan dengan menyalurkan wakaf Al Qur’an sebanyak 100 Qur’an, dan hendak menghapus tattoo pada tubuh, namun terkendala tempat dan biaya. Sehingga mampu menumbuhkan rasa percaya diri dan memotivasi semangat untuk menjalani kehidupan yang lebih baik setelah masa tahanan selesai, dan memulai mencari pekerjaan atau aktivitas yang halal.

Kiai Hasan Makarim, selaku Koordinator Pembimbing Rohani Islam Lapas Nusa Kambangan, mengungkapkan, “Hijrah itu mulia. Insyaa Allah, saya akan berupaya menghadirkan lembaga-lembaga lain sebagai dukungan program kerohanian Lapas. Hari ini saya menghadirkan Dompet Dhuafa, Islamic Medical Service (IMS), Bank Muamalat, juga Yayasan Wakaf Qur’an Suara Hidayatullah”. (Dompet Dhuafa/Dhika Prabowo)