hit counter code


KIBAR Spring Gathering, Enriching Civil Society

Kesehatan, | Fri 05/2015 11:12:01
Dompet Dhuafa Post Image
Share

Birmingham, Inggris – Peran muslim dalam membangun peradaban menjadi tema utama dalam acara rutin yang diadakan KIBAR (Keluarga Islam Indonesia di Britania Raya)di United Kingdom pada tanggal 2-3 Mei 2015. Acara yang disponsori Dompet Dhuafa ini mengambil tempat di Muath Center, Birmingham dengan menghadirkan beberapa pembicara utama seperti Habiburrahman El Shirazy, penulis best seller Novel dan Film Islami di Indonesia dan salah satu imam besar Greenland Mosque, Birmingham.

Sekitar 300 warga negara Indonesia yang tinggal di seluruh penjuru UK menghadiri acara rutin yang dilaksanakan sejak tahun 1989 ini. Mahasiswa baik master dan PhD maupun warga negara Indonesia yang bermukim di sana menyambut antusias kegiatan ini. Hal tersebut terbukti dengan kemeriahan dan partisipasi aktif sebagai peserta di tiap sesi acara. Tak lupa, Duta Besar Republik Indonesia untuk United Kingdom memberikan sambutannya dalam pembukaan.

Sesuai dengan visinya, melalui acara ini Dompet Dhuafa ingin membangkitkan kesadaran umat muslim, terutama kelas terdidiknya untuk bekerja keras membangun kapasitas diri dengan keilmuan yang didapat demi kesejahteraan umat. Sebagai individu muslim, keshalehan pribadi yang beriringan dengan tanggung jawab sosial dan kesatuan umat serta mengesampingkan segala ego kelompok demi kemashalahatan bersama adalah kesimpulan utama yang disampaikan oleh dua pembicara utama.

Tidak hanya diskusi, dalam kegiatan tersebut turut diadakan penggalangan dan berhasil mengumpulkan donasi sekitar Rp 12 juta. Inilah bukti kepedulian putra-putri terbaik bangsa yang saat ini sedang menuntut ilmu di negeri orang, namun tetap menjadikan tanah air sebagai prioritas utama.

Pertunjukan seni yang ditampilkan oleh anak-anak menjadi penutup rangkaian acara yang digelar tiap enam bulan sekali. Keceriaan anak-anak dan riuh tepuk tangan hadirin dalam penutupan tersebut menjadi bukti bahwa tidak ada kelelahan yang sia-sia, meski dua hari harus jauh dari rumah untuk menghadiri acara ini. Sebagai rangkaian acara, roadshow juga akan dihelat di beberapa kota di UK seperti Aberdeen, Glasgow, Newcastle, Sheffield, Leeds, Manchester, Nottingham, Bristol dan London. (Nuri Ikawati, Penerima Beasiswa S2 Kerjasama Dompet Dhuafa dengan Durham University, UK).