hit counter code


Pos Hangat dan Taman Ceria Dompet Dhuafa di Lokasi Gempa Ambon

Kebencanaan, | Mon 09/2019 10:27:45
Dompet Dhuafa Post Image
Share

Ambon - Dompet Dhuafa mendirikan pos hangat, dapur umum, dan taman ceria bagi korban gempa di Ambon, Maluku. Hal ini dilakukan untuk membantu sekitar 25 ribu korban gempa yang hingga saat ini tinggal di lokasi-lokasi pengungsian.

Pos hangat yang didirikan sejak Kamis (26/9) ini ada satu titik di Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Di daerah IAIN Ambon terdapat dua titik pos hangat dan satu titik di Desa Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Lokasi dapur umum didirikan di RT 1, Negri Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Sementara lokasi taman ceria berada di Desa Liang, Kec Salahutu, Maluku Tengah.

Sedikitnya 20 korban dinyatakan meninggal dunia pascagempa bermagnitudo 6,5 yang terjadi di Ambon pada 26 September 2019. Korban tersebut masing-masing terbagi di tiga wilayah kabupaten/kota di antaranya; 8 korban di Kota Ambon, 10 korban di Kabupaten Maluku Tengah, dan 2 korban di Kabupaten Seram Bagian Barat.

Kemudian untuk korban luka-luka, BPBD Provinsi Maluku mencatat ada 108 jiwa di Kabupaten Maluku Tengah, 13 jiwa di Kabupaten Seram Bagian Barat dan 31 jiwa di Kota Ambon. Sehingga total keseluruhannya mencapai152 jiwa. Sedangkan data sementara warga yang mengungsi hingga saat ini menjadi 25.000 jiwa.

Gempa dengan pusat kedalaman 10 km yang tidak berpotensi tsunami tersebut juga mengakibatkan 534 rumah rusak, kemudian 12 unit rumah ibadah, 8 kantor pemerintahan, 6 sarana pendidikan, 1 fasilitas kesehatan, 1 pasar, dan 1 jembatan yang juga dinyatakan rusak.

Dompet Dhuafa juga telah mengirimkan tim susulan dari Jakarta dan Makassar sejak Jumat (27/9) dan terus melakukan koordinasi dengan beberapa komunitas. DD juga  melakukan asesmen di wilayah terdampak parah di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah. (DMC/Ika-DM)