hit counter code


KSJ Dompet Dhuafa Gelar Lomba Silat Pelajar

Zona Madina, | Mon 09/2019 19:25:01
Dompet Dhuafa Post Image
Share

DEPOK -- Kampoeng Silat Jampang menggelar lomba kejuaraan pencak silat se-Jabodetabek di GOR Kartika Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat. Bertajuk "Jampang Silat Competition V," kejuaraan pencak silat antar pelajar tersebut dilangsungkan selama dua hari, yaitu Sabtu dan Minggu (28-29/9/2019).

Tokoh Pesilat Dunia Dr. HC. H. Eddie Marzuki Nalapraya, mengapresiasi agenda tahunan tersebut. Ia juga menyempatkan hadir dalam pembukaan acara sekaligus membuka seluruh rangkaian perlombaan. Baginya, dapat menyapa langsung para pesilat muda pada kejuaraan bergengsi tersebut, menjadi suatu kegembiraan.

Sebanyak 1.170 pendaftar berhasil masuk dalam data panitia JSC V sejak akhir pendaftaran peserta pada 18 September 2019. Ardi, panitia pelaksana mengutarakan pihaknya sudah membuka pendaftaran peserta sejak Agustus lalu. Ia menargetkan 1.000 peserta akan beradu selama dua hari di GOR Kartika Kostrad Cilodong. Menurut pemaparannya, sebenarnya masih banyak peserta yang ingin mendaftar, namun menimbang kapasitas arena, juri dan waktu, kompetisi hanya mampu menampung 1.000 peserta.

"Tanggal 18 September sudah kami tutup pendaftaran. Itu pun karena jumlah pendaftar sudah memenuhi kuota," ujarnya.

Para pesilat dari berbagai perguruan tersebut akan memperebutkan 75 piala dalam berbagai kategori. Selain itu, piala bergilir Direktur Dompet Dhuafa juga disiapkan panitia untuk diperebutkan sebagai juara umum.

Ketua Kampoeng Silat Jampang, Ustadz Herman Budianto M,Si mengutarakan, "Kejuaraan Jampang Silat Competition sudah berjalan kelima kali. Ini adalah tahun kelima sejak bergulir pada 2015".

Ia menambahkan Kampoeng Silat Jampang berjalan dalam 4 aspek, pertama tradisi, kemudian prestasi, akademisi dan ekonomi. Kejuaraan silat yang sekarang ini berlangsung adalah dari aspek prestasi. Selain itu para pesilat dari berbagai perguruan juga dapat saling silaturahmi di ajang kejuaraan tersebut.

"Selain berkompetisi, yang lebih penting adalah ajang silaturahmi, baik secara individu sebagai pesilat maupun antar perguruan," tambahnya.

Herman mengaku, kejuaraan Jampang Silat Competition selalu mengalami peningkatan tiap tahunnya, baik dari segi sistem maupun kapasitas panitia serta pesertanya. Ia berharap ke depannya JSC dapat memperluas jangkauan ke beberapa daerah lainnya.

"Sampai sekarang, fokus kita masih di area Jabodetabek. Sasarannya adalah para pelajar tingkat SD, SMP dan SMA. Mudah-mudahan kedepannya dapat lebih luas lagi jangkauannya. Baik dari daerahnya maupun perguruan-perguruan lainnya" tutur Herman. (Dompet Dhuafa/Muthohar)