hit counter code


Melihat Lebih Dalam Program Pemberdayaan Masyarakat Buah Optimalisasi ZISWAF

Zona Madina, | Tue 10/2019 14:16:05
Dompet Dhuafa Post Image
Share

BOGOR -- Sekitar 121 mahasiswa/i jurusan Ekonomi Syariah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPN) mengunjungi masing-masing program pemberdayaan Dompet Dhuafa di Zona Madina, Parung, Bogor, pada Senin (30/9/2019). Mereka terbagi ke dalam enam kelompok. Masing-masing kelompok akan mengunjungi RS. Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, Lembaga Pengembangan Insani (LPI), Sentra Ternak Kambing dan Ikan Hias, Jampang English Village (JEV), serta terakhir ke Sentra Pandai Besi.

“Zona Madina memang merupakan kawasan terpadu yang menggabungkan berbagai pilar program di Dompet Dhuafa. Di sini mahasiswa dapat sekaligus mengetahui pengelolaan program dengan menggunakan zakat, infak, maupun wakaf,” ujar Tri Setyo Ariyanti, selaku Supervisor Komunikasi Internal Dompet Dhuafa.

Alifah (21), selaku ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah (HMJ EKSYAR) mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Sentra Ternak Ikan Hias. Di sana dia bertemu dengan Pak Kaman, selaku pengelola sentra ternak tersebut. Dari Pak Kaman Alifah belajar banyak hal.

“Tadi ketemu dengan Pak Kaman. Nggak nyangka persebaran ikan hiasnya sudah sampai keluar daerah Jawa,” aku Alifah (21).

Rifky (21), juga menuturkan “ini baru pertama kalinya saya melihat pemberdayaan yang ada di sini. Salah satunya pembuataan golok. Alhamduliah saya dapat pengalaman dari seorang pembuat pandai besi, Pak Aba, Mitra binaan Zona Madina yaitu semangat beliau dalam berusaha dan bekerja. Sehingga menjadi sukses dan berdaya”.

Harapannya, melalui kolaborasi pertama antara Dompet Dhuafa dan UPN, hari ini bisa menjadi corong awal untuk berbagai kolaborasi selanjutnya yang identik dengan kaum milenial seperti kerelawanan ataupun gerakan kebaikan lainnya. (Dompet Dhuafa/Fajar)