hit counter code


Seniman Bersuara: Konser Amal untuk Melawan Asap di Sumatera dan Kalimantan (Bagian Dua)

Pendidikan, | Fri 10/2019 15:43:27
Dompet Dhuafa Post Image
Share

JAKARTA -- Setelah mengiringi Zian dengan petikan gitarnya. Kali ini Ovy /rif yang juga memiliki keperihatinan yang sama. Menurutnya kegiatan seperti ini sangat penting dalam memberikan kesadaran bagi orang-orang untuk lebih peduli dengan sesama serta lingkungannya.

“Penting banget gitu ya. Kita harus lebih aware. Terutama semua orang. Saya senang melihat anak-anak muda begitu masih sangat aware dengan musibah-musibah yang menimpa saudara-saudara kita seperti kampanye lingkungan Melawan Asap. Karena kasus kebakaran hutan ini berlarut-larut, dan mempengaruhi banyak sekali aspek kehidupan. Dari mulai kesehatan, pendidikan, dan segala macam lainnya,” ujar Noviar Rachmansyah atau yang biasa dikenal Ovy /rif (26/09/2019).

Menurutnya, kondisi yang ada di Jabodetabek tidaklah separah dengan kondisi di Riau dan Kalimantan. Jika Jabodetabek, kualitas udaranya terganggu karena asap kendaraan dan pabrik-pabrik. Sedangkan di Riau dan Kalimantan jauh lebih para kualitas udaranya dengan terbakarnya ribuan hektar lahan.

“Sebetulnya, lebih parah yang di sana. Lagi pula, lebih sulit dikontrol kan. Yah terbukti dengan kejadian kebakaran hutan. Sulit mengontrolnya gitu. Menghentikannya juga lebih sulit. Tapi memang masyarakat kita masih terbiasa dengan kendaraan-kendaraan pribadinya yang makin hari makin menumpuk,” tambahnya.

Maka dari itu, dia bersama kawan seniman lainnya yang hadir di acara Charity Showcase atau penggalangan dana dengan balutan konser mini ini untuk lebih peduli lagi terhadap penyintas-penyintas di Riau dan Kalimantan. Walaupun berdasarkan pantauan BNPB kualitas udara di Riau dan Kalimantan sudah membaik dengan menurunnya titik panas atau hotspot, sebagaimana yang diwartakan Kompas.com (01/10/2019).

“Kita harus tetap memantau perkembangan saudara-saudara kita terkena musibah. Dan tentunya berusaha membantu apapun yang bisa dilakukan,” jelas Ovy/rif (26/09). (Dompet Dhuafa/Fajar)