hit counter code


Bentuk Kuliah Muallaf, Sinergi Dompet Dhuafa Riau dan YPMR

Dakwah, | Thu 10/2019 15:27:50
Dompet Dhuafa Post Image
Share

PEKANBARU, RIAU -- Berangkat dari kenyataan bahwa muallaf adalah salah satu asnaf penerima manfaat zakat, Dompet Dhuafa Cabang Riau menginisiasi fasilitas holistik untuk muallaf melalui Program Kuliah Muallaf Riau. Berada di Kelas Kawasan Masjid Raya An-Nur Provinsi Riau, Kuliah tersebut diikhtiarkan menjadi pusat untuk para muallaf dalam mendapatkan pembinaan dan pemahaman keislaman. Dompet Dhuafa Riau bersinergi dengan Lembaga mitra pembina mualaf lainnya agar pembinaan muallaf dapat saling melengkapi.

“Ini adalah Ikhtiar untuk membersamai asnaf zakat muallaf. Alhamdulillah, bersama YPMR di bawah komando Ustadz Gohan Matondang, Dompet Dhuafa Riau dapat turut memberikan pembinaan yang komprehensif, bersilabus dan terukur,” tutur Ali Bastoni, Pimpinan Dompet Dhuafa Cabang Riau.

Ia melanjutkan, “Nomenklaturnya adalah Kuliah Muallaf. Tujuannya agar memunculkan spirit pembinaan yang berkualitas dan bergulir 2 hari setiap pekannya, selama 4 bulan atau 32 Pertemuan dan 120 Menit setiap tatap muka pembelajaran. Para siswa akan mendapat materi (Aqidah, Ibadah, Adab, Shiroh dan Baca Al Qur'an)”.

Kuliah Muallaf Riau bergulir pertama pada Selasa (8/9/2019), dengan Orientasi Siswa sekaligus ikrar Komitmen para muallaf untuk serius dalam belajar. Adapun fasilitas-fasilitas yang didapat muallaf adalah: dana transportasi selama proses belajar-mengajar, Rihlah (refreshing dalam masa belajar), pembatasan waktu untuk setiap angkatan dan akan bergulir untuk angkatan berikutnya, snack dan minum selama kegiatan, akses permodalan ekonomi bagi yang memiliki potensi, akses training skill vokasi bagi usia produktif.

"Program Kuliah Muallaf Riau harapannya dapat menjadi wadah pembinaan untuk penguatan aqidah, pendalaman ilmu agama Islam, ikhtiar membangun semangat kemandirian dan jiwa entrepreneurship bagi para muallaf," tutup Ali Bastoni. (Dompet Dhuafa/Gio/Dhika Prabowo)